Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pemda diminta laporkan penggunaan dana Otsus tepat waktu

Pemda diminta laporkan penggunaan dana Otsus tepat waktu 1 i Papua
Inspektur Papua, Anggiat Situmorang – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua meminta pemerintah kabupaten dan kota se-Papua untuk ke depan bisa melaporkan pertanggungjawaban penggunaan anggaran otonomi khusus (Otsus) tepat waktu.

Inspektur Papua Anggiat Situmorang, mengatakan sesuai rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Papua tentang kinerja, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota perlu tingkatkan kecepatan dan ketepatan pelaporan penggunaan dana Otsus.

Pemda diminta laporkan penggunaan dana Otsus tepat waktu 2 i Papua

“Agar penggunaan dana Otsus di kabupaten, kota dan provinsi juga bisa tepat waktu,” kata Anggiat di Jayapura kemarin.

Ia menilai, untuk di provinsi secara umum penggunaan dan pengelolaan dana Otsus di Papua sudah bagus. Hanya saja untuk kabupaten/kota, dirinya mengaku kesulitan melihat seberan dana hingga ke distrik-distrik.

“Jangankan di daerah pegunungan, di kota saja kami kesulitan. Padahal saya sudah meminta Inspektorat yang ada di kabupaten/kota untuk mengawal perjalanan dana ini,” katanya.

“Makanya sekarang kebijakan pemerintah harus ada pemenuhan dana untuk inspektorat provinsi dan kabupaten/kota dalam APBD, agar pengawasan penggunaan anggaran bisa berjalan baik,” sambungnya.

Loading...
;

Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Papua Paula Simatupang menilai, sejak dana Otsus dikucurkan di Papua masih berlum berjalan maksimal karena masih banyak regulasi yang belum dipersiapkan, dan belum adanya grand design ukuran capaian.

Sementara terkait pencairan dan pemanfaatan, ia juga menilai belum berjalan baik, karen unit-unit yang menyalurkan dan mengelola pertanggungjawaban dana Otsus terkadang menerima tidak sesuai dengan jadwal. Bahkan, triwulan I sampai II belum ada realisasi nanti di akhir tahun baru menumpuk, sehingga menjadi tidak efektif.

“Hal-hal ini yang perlu diperbaiki agar perjalanan Otsus di Papua benar-benar efektif,” kata Paula. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top