Follow our news chanel

Pemda diminta tutup basement mall Wamena dan tertibkan pedagang liar

Pemda diminta tutup basement mall Wamena dan tertibkan pedagang liar 1 i Papua
Aksi demo para pedagang asli Papua di kantor bupati Jayawijaya, Kamis (25/7/2019)-Jubi/Islami

Wamena, Jubi – – Para pedagang asli Papua yang sehari-hari berdagang di Pasar Potikelek Wamena, Kamis (25/7/2019) melakukan aksi demo di halaman kantor bupati Jayawijaya.

Mereka datang menuntut agar pemerintah daerah menutup basement Mall Wamena, karena menjual juga kebutuhan warga sama seperti apa yang dijual di pasar Potikelek seperti sayuran, ikan dan bumbu-bumbu lainya.

Selain itu, mereka juga meminta agar pemerintah dapat menertibkan para pedagang liar yang berjualan dari rumah ke rumah, sehingga dianggap merugikan pendapatan mereka yang berjualan di pasar.

“”Dibukanya basement mall Wamena membuat keberadaan pasar Potikelek menjadi sepi, sehingga mama-mama yang jual sayur dan penjual ikan mengalami kerugian,”” kata koordinator pedagang yang demo, Abel Wantik.

Menurutnya, pemerintah daerah harus segera mengambil langkah tegas untuk segera menertibkan pedagang sayur, pedagang pinang dan pedagang ikan liar yang selama ini berkeliaran dalam kota Wamena.

Pasalnya kata dia, pemerintah telah menetapkan Pasar Potikelek sebagai pasar tradisional yang diperuntukkan bagi para pedagang asli Papua, tetapi nyatanya masih banyak yang enggan masuk ke dalam pasar.

“”Begitu juga yang jualan makanan jadi di jalan Irian, itu juga harus ditertibkan. Khusus untuk basement mall Wamena, mereka itu kan dimodali koperasi, sedangkan mama-mama di pasar ini modal sendiri, sehingga harus ditertibkan,”” katanya.

Loading...
;

Asisten II Jayawijaya, Yohanes Katoleng yang menerima aspirasi menyampaikan kepada para pedagang jika hal ini akan disampaikan kepada bupati.

“”Semuanya akan didiskusikan lagi bersama pimpinan,”” katanya.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Jayawijaya, Slamet Wenehen katakan pemerintah Kabupaten Jayawijaya akan segera mengambil tindakan pasti untuk menjawab aspirasi para pendemo.

“”Tindakan yang diambil akan menutup basement Mal Wamena untuk sementara waktu, sampai ada petunjuk dan solusi dari pimpinan daerah,”” katanya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top