Pemerintah bakal bangun 150 rumah di Asmat

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Papua, bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, bakal membangun 150 unit rumah di Kabupaten Asmat. Pembangunan dipastikan tahun 2018 ini, di antaranya ada usulan 50 unit di Danowage, Korowai Batu .

"Ini sudah kami usulkan ke kementerian, tapi yang jelas Kabupaten Asmat dan Danowage menjadi prioritas," kata Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Provinsi Papua, Daud Ngabalin, saat perayaan HUT Dinas Perumahan ke-1, Selasa (27/2/2018).

Menurut Ngabalin, selain membangun 150 unit rumah, Kementerian PUPR  juga akan merehab sebanyak 1.500 rumah di Asmat. "Tahun ini sudah berjalan. Sementara Korowai kami harap bisa berjalan tahun ini juga,” kata Ngabalin, menambahkan .

Program pembangunan itu menjadi prioritas gubernur yang sebelumnya berkunjung di Kabupaten Asmat.  Sedangkan pendistribusian bahan bakal dilakukan melalui Kabupaten Mimika yang jaraknya lebih dekat dan mudah. Sedangkan Danowage akan dilakukan melalui Tanah Merah, Boven Digoel.

Tercatat tahun ini juga direncanakan membangun 135 unit rumah layak huni bagi masyarakat kabupaten dan kota dari dana APBD 2018 sebanyak Rp 60 miliar. “Pembangunan itu  tidak dilakukan sendiri, namun melibatkan pemerintah kabupaten kota dan Kementerian PUPR,” katanya.

Menteri Sosial, Idrus Marham mengatakan telah menggelar kajian awal mengenai Kabupaten Asmat yang rentan menghadapi masalah kesehatan dan sosial. “Kami telah mengkaji  faktor-faktor yang mempengaruhi masalah di Asmat,” kata Idrus.

Loading...
;

Menurut dia, persoalan yang dihadapi sangat banyak, dengan begitu perlu pendekatan secara terpadu dan menyeluruh. "Jadi tidak bisa diselesaikan sendiri-sendiri, harus secara terpadu dan menyeluruh," katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top