Follow our news chanel

Previous
Next

Pemerintah baru Vanuatu telah resmi

Gedung Parlemen Vanuatu, Port Vila, Pulau Efate, Vanuatu. - DVU
Pemerintah baru Vanuatu telah resmi 1 i Papua
Gedung Parlemen Vanuatu, Port Vila, Pulau Efate, Vanuatu. – DVU

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Ke-52 caleg yang baru terpilih dalam pemilu Vanuatu akan mengambil sumpah mereka pukul 8.30 pagi, Senin ini, 20 April 2020, sebelum memilih Ketua dan Wakil Ketua Dewan Legislatif ke-12 yang baru, kemudian melanjutkan untuk memilih Perdana Menteri baru untuk Republik Vanuatu.

Dewan Legislatif ke-12 negara itu akan memulai sidang perdana pada pukul 8.30 pagi, untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua Parlemen, kemudian dilanjutkan untuk memilih Perdana Menteri yang baru.

Menurut prosedur, Perdana Menteri lalu akan menunjuk menteri-menteri negara yang baru yang akan membentuk dewan menteri yang baru di Republik Vanuatu.

Umumnya, penunjukan menteri negara yang baru oleh Perdana Menteri yang baru terpilih, dilakukan di balai Pig’s Tusk di luar ruang sidang parlemen. Kemudian Perdana Menteri Republik Vanuatu yang baru akan menyampaikan pidato kenegaraan pertamanya di hadapan warga Republik Vanuatu, juga disaksikan oleh anggota korps diplomatik.

Menurut Daily Post, akibat isu virus corona, akan ada kendali keamanan yang ketat selama sidang perdana badan legislatif ke-12 pada Senin pagi pekan ini. Semua prosesi akan disiarkan secara langsung.

Sementara itu, Partai National United Party (NUP) telah membatalkan nota kesepakatan yang baru mereka tandatangani dan bergabung dengan kubu yang berlawanan.

Loading...
;

NUP kini telah bergabung dengan parpol Graon mo Jastis Pati, Reunification Movement for Change, dan Leaders Party of Vanuatu untuk membentuk pemerintah koalisi berikutnya.

Sampai Kamis pekan lalu, dilaporkan ada 26 anggota parlemen di kedua blok yang berusaha untuk membentuk pemerintah yang baru.

Menurut RNZ Pacific, pemimpin sementara blok oposisi Vanuatu berkata ia yakin dia memiliki dukungan yang cukup untuk membentuk pemerintah baru. Semua MP yang terpilih dalam pemilu bulan lalu masih berusaha untuk membentuk blok yang cukup besar untuk membentuk pemerintah.

Ishmael Kalsakau, yang merupakan pemimpin Partai Union of Moderates Party, mengatakan aliansinya dengan Vanua’aku Pati, Partai Hijau, dan beberapa MP independen telah memberikan 26 suara yang dibutuhkan untuk membentuk mayoritas.

“Saat ini keadaannya kelihatan baik. Kita mengantisipasi adanya perubahan dalam pemerintah. Pada saat ini, tampaknya tidak ada rintangan akan prospek tersebut,” jelas Kalsakau. “Tapi siapa yang tahu, sesuatu bisa terjadi selama akhir pekan.”

Sebagian besar partai dari pemerintah sementara saat ini juga telah merundingkan dan menandatangani nota kesepahaman, dan mereka juga yakin memiliki jumlah MP yang cukup. (Daily Post Vanuatu)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top