Follow our news chanel

Pemerintah di Papua mesti menyiapkan data keberhasilan penggunaan dana Otsus

Otsus Papua
Ilustrasi Dana Otsus Papua – Jubi. Dok
Pemerintah di Papua mesti menyiapkan data keberhasilan penggunaan dana Otsus 1 i Papua
Ilustrasi Dana Otsus – Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sekretaris yang membidangi pendidikan dan kesehatan DPR Papua, Natan Pahabol mengatakan Pemprov Papua dan pemerintah kabupaten/kota di Papua mesti mulai menyiapkan data terkait keberhasilan dana Otsus Papua.

Hal itu dikatakan Natan Pahabol terkait tanggapan berbagai pihak terhadap pemberian dana Otsus Papua dari Pemerintah Indonesia yang akan berakhir sekitar 2026 mendatang yang mulai berkurang pada 2021.

“Data-data itu mesti disiapkan pemprov dan pemerintah kabupaten/kota. Capaian keberhasilan dana Otsus Papua mesti dievaluasi secara menyeluruh di tingkat masyarakat. Misalnya seperti apa dalam bidang pendidikan dan kesehatan,” kata Natan Pahabol, Selasa (23/7/2019).

Menurutnya, evaluasi capaian keberhasilan penggunaan dana Otsus Papua mesti dilakukan di tingkat masyarakat, karena masyarakat yang merasakan langsung apakah dana Otsus memberikan dampak maksimal atau tidak.

“Bukan evaluasi ‘di atas kertas’ atau sepihak oleh pemprov, pemerintah kabupaten/kota atau pemerintah pusat. Jangan hanya melihat nominal uangnya, mesti dipastikan apakah dana Otsus ke daerah manfaatnya benar-benar dirasakan masyarakat,” ucapnya.

Ia mencontohkan, dalam bidang pendidkan mesti dilihat langsung seperti apa kondisi pendidikan hingga ke kampung-kampung. Apakah setiap siswa orang asli Papua benar-benar sudah bebas biaya pendidikan, fasilitas sekolah di setiap daerah apakah sudah memenuhi syarat dan ditunjang dengan tenaga pengajar memadai.

Loading...
;

Katanya, hal serupa mesti dilakukan dalam bidang kesehatan. Melihat langsung kondisi pustu, puskesmas dan rumah sakit di setiap daerah. Meminta keterangan masyarakat apakah selama ini mereka bebas biaya berobat dan lainnya.

“Masyarakat yang merasakan langsung manfaat dana Otsus ini sehingga mereka yang mesti menilai sejauh mana keberhasilannya,” ujarnya.

Sementara, Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP), Timotius Murib menyatakan pihaknya akan meminta bupati/wali kota di Papua mempresentasikan program kerja dan penggunaan dana Otsus bagi orang asli Papua.

“MRP akan melihat apa saja yang berhasil dikerjakan para kepala daerah dengan dana Otsus Papua itu, terutama dalam bidang-bidang yang penting bagi kehidupan orang asli Papua,” kata Murib belum lama ini.

Menurutnya, dana Otsus diperuntukkan kepada orang asli Papua sehingga MRP berkewajiban mempertanyakan apa saja sudah dikerjakan dalam bidang pendidikan, kesehatan, perekonomian dan infrastuktur.

“Kami mengakui para bupati melakukan banyak hal. Namun kami ingin mengetahui bentuk proteksi kepada orang asli Papua, dan berapa persen manfaat dana Otsus bagi orang asli Papua,” ujarnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top