Pemerintah diminta alokasikan dana rutin bagi OAP

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Merauke, Jubi – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Fransiskus Sirfefa, minta pemerintah setempat dibawah kepemimpinan Frederikus Gebze-Sularso agar merumuskan satu kebijakan khusus bagi orang asli Papua (OAP) di setiap kelurahan, agar mereka juga mendapatkan dana secara rutin tiap tahun.

Permintaan itu disampaikan Sirfefa kepada Jubi, Senin (26/2/2018).

“Saya mendapat keluhan dari masyarakat asli Papua di beberapa kelurahan seperti Samkai yang dihuni orang Marind-Buti serta beberapa kelurahan lain, kalau tak ikut menikmati dana desa dari pemerintah pusat yang nilainya mencapai Rp 1 miliar lebih,” katanya.

Padahal, lanjut dia, di kampung lain, rutin tiap tahun mendapatkan dana desa dan dapat dialokasikan untuk berbagai kegiatan baik dalam bidang pembangunan, pendidikan, maupun kesehatan.

“Selama ini, masyarakat asli Papua yang tinggal dalam wilayah kelurahan, tak mendapatkan alokasi dana desa. Sehingga ketika anaknya sakit maupun biaya pendidikan mereka, selalu mengalami kesulitan,” ujarnya.

Olehnya, pinta Sirfefa, agar pemerintah memikirkan untuk mengalokasikan dana khusus bagi OAP yang tinggal dalam wilayah kelurahan. Sehingga mereka juga bisa dibantu, ketika ada kesulitan.

Loading...
;

“Saya akan menyuarakan juga kepada Bupati Merauke, Frederikus Gebze, agar pemerintah mengalokasikan anggaran setiap tahun untuk OAP yang berdomisili di beberapa kelurahan dalam wilayah kota,” katanya.

Anggota DPRD Merauke lainnya, Hilarius Ulukyanan, juga menyuarakan hal serupa. Menurutnya, perlu ada perhatian khusus dari pemerintah terhadap OAP yang tinggal di kelurahan. Selain orang Marind, katanya, juga OAP lain dari tiga kabupaten pemekaran di wilayah selatan Papua yakni Boven Digoel, Mappi, serta Asmat yang tinggal di Kota Merauke. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top