Follow our news chanel

Pemerintah Fiji: kunjungan kerajaan Inggris apolitis

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Suva, Jubi – Pemerintah Fiji menekankan bahwa kunjungan Adipati Sussex dan istrinya, Meghan Markle, ke Fiji tidak bersifat politis.

Prince Harry dan Meghan tiba di Fiji Selasa kemarin (23/10/2018), hanya tiga minggu sebelum pemilihan umum negara itu.

Kekhawatiran telah diungkapkan oleh sejumlah pihak bahwa kunjungan pasangan itu, dapat digunakan secara politis menjelang pemilu November bulan depan.

Namun pemerintah telah menegaskan bahwa kunjungan itu telah dijadwalkan jauh sebelum tanggal pemilihan umum ditetapkan, dan mereka akan disambut dan dijamu langsung oleh kepala negara Fiji, Presiden Jioji Konrote.

Pemerintah juga mengatakan bahwa mereka telah meminta dan menerima jaminan, jika kunjungan itu berlangsung sebelum pemilihan umum, kunjungan itu tetap akan bersifat non-politik.

Pemerintah mengatakan pemimpin blok oposisi, Teimumu Kepa, juga akan bergabung dengan presiden dan Perdana Menteri Frank Bainimarama, dalam menyambut dan mengantarkan kepergian kelompok kerajaan itu.

Loading...
;

Ia juga, dikatakan, akan duduk bersama mereka di meja utama saat makan malam kenegaraan, dimana semua pemimpin partai politik diundang.

Sementara itu, pemerintah Fiji mengatakan, tidak ada batasan pada jurnalis manapun yang meliput kunjungan mereka minggu ini.

Sebelumnya, sejumlah laporan beredar bahwa wartawan setempat diwajibkan untuk berdiri paling tidak seberapa jauh dari semua kegiatan yang melibatkan keluarga kerajaan Inggris itu.

Namun pemerintah mengatakan karena akan ada kontingen besar media internasional yang meliput perjalanan itu, akan ada sistem press pool, ‘seperti yang sudah biasa dilakukan dalam acara-acara internasional besar’.

Dikatakan bahwa semua kegiatan yang dijadwalkan juga akan diliput oleh tim dari Departemen Informasi Fiji dan materi tersebut dibagikan kepada semua media, baik internasional maupun lokal. (RNZI)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top