Follow our news chanel

Pemerintah kabupaten kota diminta tak telat serahkan LPPD

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Pemerintah kabupaten dan kota di Papua diingatkan untuk tidak terlambat untuk menyampaikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) 2018, untuk selanjutnya disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeru di Jakarta.

Asisten Bidang Pemerintahan Papua Doren Wakerkwa, mengatakan penyampaian LPPD tepat waktu sangat diperlukan, khususnya dalam penilaian penyelenggaraan pemerintahan di Papua. Apalagi beberapa tahun terakhir, Papua selalu berada di urutan bawah.

"Soal peringkat tidak murni salah pemerintah provinsi, tapi pemerintah kabupaten/kota turut punya andil. Sebab bila ada yang telat atau bahkan tidak memasukan LPPD kepada provinsi, itu pun menjadi penilaian negatif secara keseluruhan bagi provinsi ini," kata Wakerkwa kepada wartawan, di Jayapura, Senin (21/1/2019).

Menanggapi itu, dirinya menginstruksikan Biro Tata Pemerintahan Setda Papua untuk segera turun ke kabupaten dan kota menjemput LPPD yang belum disampaikan.

"Hasil pelaporan LPPD dari kabupaten dan kota ini akan dibuat buku besar lalu dibawa ke menteri. Selanjutnya menteri membuat pelaporan atas hasil kinerja penyelenggaraan pemerintahan kita. Jadi semua ada keterkaitan," ujarnya.

Doren Wakerkwa menambahkan, LPPD tidak bisa dianggap remeh. Sebab seluruh aspek penyelenggaraan pemerintahan akan  termuat di dalamnya. Makanya saya minta OPD di provinsi, kabupaten dan kota segera menyerahkan tepat waktu. 

Loading...
;

"LPPD ini harga mahal di sebuah pemerintahan di seluruh provinsi," kata Wakerkwa.

Inspektur Papua Anggiat Situmorang berharap LPPD Provinsi Papua tahun 208 mendapat penilaian lebih baik dan naik peringkat dibanding tahun sebelumnya. 

"Untuk naik peringkat membutuhkan kerjasama seluruh pemerintah kabupaten/kota di Papua, dalam menyusun laporan," kata Anggiat. 

Menurutnya, jika dilihat dari hasil skor tahun sebelumnya, sebenarnya Papua sudah meningkat. Hanya saja, provinsi lain juga makin baik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, sehingga Papua belum bisa mencapai peringkat yang lebih tinggi.

"Ibaratnya seperti orang naik kelas. Semua provinsi berlomba mencapai nilai atau skor yang tinggi. Cuma memang kami Provinsi Papua meski skor sudah tinggi, tapi masih di bawah provinsi lain dalam hal peringkat," ujarnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top