Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pemerintah PNG yakinkan tenaga kesehatan ada pasokan APD

Masyarakat menggunakan bus publik di Port Moresby sekarang diharuskan untuk menggunakan masker. - RNZI/ Koroi Hawkins

| Papua No.1 News Portal | Jubi

Port Moresby, Jubi – Otoritas di Papua Nugini telah meyakinkan tenaga kesehatan dan pendukung bahwa mereka memiliki APD yang diperlukan dalam merespons lonjakan kasus Covid-19.

Jumlah kasus positif covid-19 yang telah dikonfirmasi di Port Moresby terus naik, jumlah total kasus yang dikonfirmasi di PNG hingga saat ini adalah 39, sebagian besar diantaranya baru dikonfirmasikan dalam seminggu terakhir di ibu kota.

Pemerintah PNG yakinkan tenaga kesehatan ada pasokan APD 1 i Papua

Pejabat Plt. Sekretaris Kementerian Kesehatan, Paison Dakulala, mengatakan semua kasus aktif sedang diisolasi, sementara tim satuan tugas gabungan covid-19 melakukan pelacakan kontak untuk kasus-kasus ini, dan mempersiapkan untuk melaksanakan pengujian lebih lanjut.

Sejumlah besar kasus baru dihubungkan dengan pekerja di Rumah Sakit Umum Port Moresby (PMGH), dimana minggu lalu sejumlah staf laboratorium pusat dinyatakan positif. Dakulala telah menyakinkan petugas kesehatan mengenai pasokan APD.

“Ada persediaan APD yang memadai di negara ini untuk tenaga kesehatan dan tenaga pendukung dengan pasokan masker N95, masker bedah, kacamata pelindung, sarung tangan, dan gaun isolasi bedah dan coverall, didistribusikan ke semua otoritas tingkat provinsi.”

Dakulala mengatakan lab pusat di Moresby itu sedang didekontaminasi, dan bahwa untuk sementara, pengujian sampel Covid-19 akan ditangani oleh fasilitas lainnya. Salah satu kasus terbaru merupakan anggota staf di Kementerian Kesehatan, sehingga kantor pusat kementerian itu di Gedung Aopi juga sedang didekontaminasi dan gedung itu akan tetap ditutup setidaknya hingga Rabu pekan ini.

Loading...
;

“Kita telah memulai proses dalam beberapa hari ke depan untuk memastikan bahwa semua pengujian dilanjutkan oleh Institute of Medical Research di Goroka, tetapi juga di laboratorium di Brisbane serta laboratorium di Singapura.”

Dakulala mengatakan hingga hari Sabtu lalu, sudah 9.885 orang yang diperiksa untuk Covid-19 sejak Januari. Masih ada 535 sampel yang masih diperiksa – 300 di laboratorium di Brisbane dan sisanya di Singapura.

Dalam beberapa hari terakhir, penggunaan masker telah direkomendasikan di seluruh ibu kota, di mana satu klaster kasus Covid-19 di PMGH telah diidentifikasi, dan pembatasan atas jumlah partisipan dalam pertemuan publik telah ditentukan menjadi maksimum 100 orang.

Kepala penanganan Covid-19 PNG dan Komisioner Polisi, David Manning, mendesak publik untuk mengambil tanggung jawab pribadi dalam mewaspadai ancaman Covid-19 dan mematuhi langkah-langkah yang direkomendasikan.

Manning juga menegaskan bahwa opsi karantina wilayah total di kawasan ibu kota PNG masih dipertimbangkan. Jumlah kasus Covid-19 yang muncul pada minggu depan ini akan menentukan apakah karantina total akan diberlakukan di Port Moresby. (RNZI)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top