Pemerintah Provinsi Papua diminta hidupkan Dewan Kesenian Papua 

Usulan Dewan Kesenian Papua
Perupa dan Penyayi asal Meepago Herman You.- Jubi/Hengky Yeimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Perupa dan penyayi asal Meepago, Herman You meminta Pemerintah Provinsi Papua menghidupkan kembali Dewan Kesenian Tanah Papua. Dewan Kesenian Tanah Papua dinilai mempunyai peranan penting dalam memajukan perkembangan seni budaya di Tanah Papua.

“Kami bisa menggelar berbagai pertemuan dan banyak hak yang biasa dibahas, [termasuk keberadaan Dewan Kesenian]. Kalau Pemerintah Provinsi Papua dan pemerintah kabupaten/kota tidak memperhatikan  hal itu, akan menjadi ancaman serius bagi generasi muda Papua,” katanya kepada Jubi, Selasa (3/9/2020).

You mengkhawatirkan generasi muda yang semakin lupa dengan kebudayaannya. Hal itu bisa membawa degradasi dan petaka dalam kebudayaan tiap suku di Tanah Papua.

Baca juga: Labirin, geliat seni rupa di Kota Pala

“Jika mereka tidak mengaktifkan [Dewan Kesenian] itu bahaya bagi generasi penerus Papua. Generasi muda yang bangkit itu akan mati bersama zaman, karena nilai asli seni budaya tenggelam jika Dewan Kesenian tidak aktif lagi,” kata You.

You menegaskan generasi yang mengabaikan seni dan budayanya akan kehilangan jati diri mereka. “Artinya, bahwa mereka kehilangan jati diri, dan generasinya sudah tidak pedulikan seni dan budaya. Ketika seni budaya hilang, maka  tidak ada juga satu suku bangsa di daerah itu,” katanya.

Ia menyatakan pemerintah daerah di Papua harus mendorong pengembangan seni dan budaya di Papua, dengan mengaktifkan Dewan Kesenian. Dengan demikian, para pelaku seni di Tanah Papua dapat mengambil andil dalam menyelaraskan kebudayaan orang asli Papua dengan modernisasi.

Loading...
;

Baca juga: Yudas Alep Itlay, bintang film Zerre Pendekar Ufuk Timur

“Kalau tidak, nilai-nilai budaya orang asli Papua tergerus, keaslian orang asli Papua tidak ada. Kita akan tampil seperti orang asing di tanah kita sendiri. Kasihan generasi penerus, mereka akan tenggelam [dan] pusing mencari jati diri mereka yang hilang. Tidak ada pemerintah yang akan melakukan kampanye atau sosialisasi tentang harga diri satu bangsa. Hanya melalui lembaga Dewan Kesenian yang mengerti mengenai nilai seni budaya,” katanya.

You mengatakan penting untuk mewariskan berbagai seni dan budaya terwariskan kepada generasi muda Papua. “Karena saya yakin dengan semangat muda itu, generasi muda bisa menyelenggarakan even seni budaya yang merangkul generasi muda dan tua untuk mengembangkan serta mewariskan kebudayaan dari ancaman kepunahan,” katanya.

Pemuda asal Kabupaten Boven Digoel, Marcelino Yomkondo mengatakan peran Dewan Kesenian sangat penting untuk memproteksi kehidupan orang Papua. Menurutnya, seni dan budaya merupakan nafas orang Papua yang harus diselamatkan. “Saya harap Dewan Kesenian menggandeng kami generasi [muda] Papua, karena kamilah yang akan mewarisi kebudayaan moyang leluhur orang Papua,” katanya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top