Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pemerintah Vanuatu diganti sebagai pemerintah sementara

Parlemen Vanuatu yang ke-11 resmi dibubarkan tengah malam 22 Januari 2020 lalu. - DVU/Terence Malapa
Pemerintah Vanuatu diganti sebagai pemerintah sementara 1 i Papua
Parlemen Vanuatu yang ke-11 resmi dibubarkan tengah malam 22 Januari 2020 lalu. – DVU/Terence Malapa

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Perdana Menteri Vanuatu, Charlot Salwai, telah mengalahkan lebih dari 5 mosi tidak percaya dan bertahan sebagai PM selama 4 tahun penuh. Pemimpin terakhir Vanuatu yang berhasil melakukan hal yang sama adalah Ham Lini, lebih dari satu dekade lalu.

Setelah pembubaran Parlemen pada tengah malam, 22 Januari 2020 lalu, Vanuatu sekarang memiliki pemerintah sementara.

Sebelumnya, Kepala Pemerintahan badan legislatif ke-11 tersebut menyelenggarakan misa pengucapan syukur di Katedral pada Rabu, 22 Januari, menjelang akhir masa jabatannya sebagai PM. Misa itu dihadiri oleh menteri-menteri, direktur jenderal, penasihat politik, serta banyak pejabat pemerintah lainnya.

Setelah kebaktian selesai, pemimpin dari berbagai partai politik menyampaikan pidato mereka di hadapan publik.

Presiden Partai Graon mo Jastis (GJP) dan caretaker Menteri Luar Negeri, Ralph Regenvanu, menegaskan bahwa partainya telah menghormati perjanjian Pele dimana mereka sepakat untuk mendukung Salwai sebagai Perdana Menteri sampai badan legislatif ke-11 selesai.

“Bagi banyak orang muda dan anak-anak Vanuatu ini adalah pertama kalinya mereka melihat pemerintah koalisi menyelesaikan masa jabatannya, pencapaian yang langka sejak 1992; dan GJP telah menghormati keputusan yang disepakati dengan tikar di Pele sampai hari ini, kita mengakhiri masa jabatan ini,” kata Regenvanu.

Loading...
;

PM sementara, Salwai menyampaikan rasa terima kasihnya kepada blok koalisi. Dalam pidatonya, Salwai juga mengucapkan terima kasih kepada setiap pemimpin masyarakat, pemimpin gereja atas dukungan mereka bagi pemerintah, dan sebagai hasilnya mereka dapat melihat stabilitas pemerintah setelah satu dekade.

“Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada setiap anggota parlemen, menteri dan blok oposisi yang proaktif yang dipimpin oleh Ishmael Kalsakau,” katanya.

Disadur dari Radio New Zealand, minggu lalu juga menandai dimulainya periode pendaftaran caleg untuk pemilu 2020, pendaftaran pertama sejak krisis konstitusi 2015.

Salwai membentuk koalisi menyusul pemilihan mendadak yang diselenggarakan setelah sebagian dari anggota pemerintah sebelumnya dipenjara karena korupsi.

Periode kampanye pemilu 2020 akan dimulai pada 2 Maret mendatang, sementara hari pemilu adalah 19 Maret. (Daily Post Vanuatu)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top