Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pemerintah Vanuatu temui komunitas keturunan Blackbirding

Hampir 60.000 orang dari Kepulauan Pasifik dibawa ke Australia pada 1800-an. - RNZI/Perpustakaan Negara Bagian Queensland
Pemerintah Vanuatu temui komunitas keturunan Blackbirding 1 i Papua
Hampir 60.000 orang dari Kepulauan Pasifik dibawa ke Australia pada 1800-an. – RNZI/Perpustakaan Negara Bagian Queensland

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sydney, Jubi – Menlu Vanuatu menyempatkan diri bertemu komunitas Australia South Island Islanders dalam perjalanannya ke negara itu baru-baru ini.

South Sea Islanders adalah sebutan bagi keturunan orang-orang Kepulauan Pasifik , ang dibawa sebagai budak ke Australia pada 1800-an, sebuah praktik yang dikenal sebagai Blackbirding.

Pemerintah Vanuatu temui komunitas keturunan Blackbirding 2 i Papua

Seraya menjalankan misi kementeriannya untuk memperkuat kerja sama di bidang perdagangan dan pengaturan program kerja musiman dengan Australia, Menteri Ralph Regenvanu juga berupaya untuk mempererat hubungannya dengan kelompok South Sea Islanders, banyak dari mereka merupakan keturunan Ni-Vanuatu.

Emelda Davis adalah juru bicara dari sekitar 70.000 South Sea Islanders dan kelompok kerja National Governance Working Group mereka.

Pertemuan Davis dengan Regenvanu diadakan setelah Regenvanu menyelesaikan pertemuannya dengan Pemerintah Australia, sebagai bagian dari upaya negara itu untuk ‘step up’ atau meningkatkan hubungannya dengan negara-negara Pasifik.

Menyambut baik upaya Australia, Davis berkata “Cara ini sangat baik bagi kita sebagai orang Laut Selatan Australia (Australian South Sea Islanders)… untuk kembali membangun kekerabatan dengan keluarga, budaya, dan identitas kita, serta bertukar keterampilan dan ilmu pengetahuan.”

Loading...
;

“Tantangannya saat ini adalah tentang apa yang ingin dilakukan PM Scott Morrison, dalam hal keinginannya untuk membangun hubungan bilateral itu. Hubungan itu perlu melibatkan kita Australian South Sea Islanders.”

Dalam skema pekerja musiman, 8.000 pekerja asal Vanuatu dikatakan berada di Australia dan Selandia Baru pada September lalu. Pada November, Pemerintah Australia mengatakan jumlah pekerja musiman Pasifik yang akan diizinkan untuk datang ke Australia, kemungkinan akan berlipat ganda tahun anggaran ini, menyusul Skema Tenaga Kerja Pasifik (Pacific Labour Scheme atau PLS) yang baru saja diperkenalkan.

Komunitas South Sea Islanders sudah terlibat dalam menyediakan layanan pastoral untuk sebagian pekerja, kata Davis. “Vanuatu Care di kota regional Bundaberg sangat senang bisa bekerja langsung dengan orang-orang kami dari Kepulauan Pasifik, dan menerima orang-orang kami dan memberikan mereka kasih, perawatan, dan rasa hormat,” katanya. “Ada banyak masalah yang bertentangan seputar skema pekerja musiman dan bagaimana mereka diperlakukan oleh pemberi pekerjaan.”

“Komunitas Australia South Sea Islander memerlukan dukungan dari pemerintah Australia, agar dapat menjangkau para pekerja dan membangun hubungan yang akan menguntungkan kedua belah pihak,” kata David. (RNZI)

 

Editor : Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top