Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pemerintah Yahukimo lunasi tanah Bandara Nop Goliat Dekai

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Dekai, Jubi – Pemerintah Yahukimo melunasi dana kompensasi tanah Bandara Nop Goliat Dekai sebesar Rp1,2 miliar kepada Hak Ulayat Suku Momuna, 23 Oktober 2018 lalu.

Pelunasan tanah tersebut dilakukan oleh Bupati Yahukimo ,Abock Busup kepada pemilik hak ulayat tanah areal bandara Nob Goliat Dekai diantaranya  Kepala suku Yahuli Keikyera, Uru Irainkya, Moses Irainkya, Amos Irainkya, Thomas Irainkya, Esanus Irainkya.

Pemerintah Yahukimo lunasi tanah Bandara Nop Goliat Dekai 1 i Papua

Dalam keterangannya, Bupati Yahukimo Abock Busup mengatakan pembayaran kompensasi dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada hak ulayat masyarakat Momuna, yang mendiami areal Bandar.

“Dengan adanya Pembayaran ini, ke depannya tidak ada lagi masalah penutupan selama proses pengembangan bandara kedepannya,” kata Bupati usai penandatanganan pelunasan.

Seperti diketahui, tanah Bandara tersebut sudah dibayar oleh Pemerintahan sebelumnya sebesar Rp5 miliar. Tak kunjung ada kejelasan tentang pelunasan, pemiliki ulayat sempat melakukan pemalangan.  Dengan pelunasan kali ini, total yang sudah dibayarkan Pemerintah untuk tahan seluas 250 hektar ada Rp6,2 miliar.

“Pembangunan yang selama dua bulan ini tertunda, sehingga dengan menandatangi bukti pembayaran tanah ini, pekerjaan perpanjangan dan pelebaran areal bandara sudah bisa dilanjutkan,” kata Bupati Abock.

Loading...
;

Dijelaskan Bupati, tanah bandara secara hukum adat dan hukum positif telah dilepas oleh pemilik hak ulayat, yang selanjutnya akan dibuatkan sertifikat tanah sebagai dasar hukum untuk kepentingan Runway Bandara Nob Goliat Dekai dan pembangunan infrastruktur lainnya.

“Penyelesaian ini dilakukan secara transparan, terbuka sehingga pemilik hak ulayat puas. Jadi jangan ada lagi provokasi yang mengatakan Pemerintah mencaplok hak ulayat lagi,” kata Busup.

Hadir pula dalam pelunasan ini sejumlah saksi diantaranya Ketua DPRD Mari Mirin, Sekretaris Daerah Taruli Maniagasi, Kepala Bapeda Frangky G. Lilihata, Kapolres Yahukimo AKBP, Angling Guntoro, Pabung 1702 Jayawijaya Mayor  Inf. Ivan Pambudi, Kejari Wamena Febiana Wilma, BPN Wamena Yuli Randa, Kabandara Dekai Joko Harjani, Kepala Inspektorat Paulus Mitha, Kasie Distrik Dekai Demianus Wakur. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top