Follow our news chanel

Pemerintahan Kepulauan Cook di tangan calon independen

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Rarotonga, Jubi – Calon-calon independen akan memutuskan hasil akhir dari pemilu Kepulauan Cook.

Pemilu Kepulauan Cook 2018 justru menghasilkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban, akibat gagalnya dua partai utama negara itu dalam mengakumulasikan jumlah kursi yang cukup, untuk bisa membentuk pemerintahan mayoritas.

Dua calon independen perempuan terpilih untuk menjadi anggota parlemen, bersama kandidat dari parpol OCI, George Maggie.

Sebanyak 7.516 penduduk Kepulauan Cook turut memberikan suara dalam pemilu tahun ini, hanya 68,8 persen dari total populasi. Partai Demokrat (Demos) diharapkan akan memimpin pemerintahan mendatang, menang satu kursi diatas Partai Kepulauan Cook (CIP).

Hasil penghitungan awal menunjukkan bahwa Partai Demos mengantongi 11 kursi sementara CIP memegang 10 kursi. Partai Demos kehilangan dua kursi di daerah pemilihan Rakahanga dan Murienua, daerah konstituensi ketua dan wakil ketua partai itu.

Dengan berkurangnya dua kursi, pertanyaan utama adalah siapa yang akan memimpin partai itu dan menjadi perdana menteri, jika calon dari OCI dan kedua calon independen memilih untuk membentuk pemerintahan dengan mereka.

Loading...
;

Pemilihan ini adalah waktunya bagi kaum minoritas untuk bersinar.

Di Penrhyn, calon independen Robert Tapaitau menang dari lawan politiknya dari kedua partai besar yang sebelumnya menguasai dapil mereka.

Calon independen perempuan, Rose Brown, dan anak perempuannya, Te-Hani Brown, juga berhasil terpilih sebagai anggota parlemen.

Te-Hani Brown maju sebagai kandidat independen, dan mengalahkan politisi senior Nandi Glassie dengan suara 61 ke 42. Sekarang berusia 22 tahun, Te-Hani diyakini sebagai anggota parlemen terpilih paling muda di sepanjang sejarah Kepulauan Cook.

George Maggie menerangkan bahwa keputusan mengenai blok mana yang akan dia dukung di antara kedua partai besar, akan dibuat olehnya setelah berbicara dengan konstituennya. Maggie telah berjanji akan mengadakan pertemuan dengan masyarakat Tupapa-Mararenga, untuk menentukan partai mana yang akan mereka dukung.

Kedua calon independen, serta George Maggie, diharapkan akan bertemu dengan para pemimpin dari kedua partai besar dalam beberapa hari ke depan, untuk menegosiasikan kebijakan-kebijakan mereka. (PINA)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top