Follow our news chanel

Pemilih yang belum miliki KTP-el harus dibahas tuntas

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Komisioner KPU Papua, Tarwinto mengatakan, KPU, pemerintah provinsi dan kabupaten (kota) perlu duduk bersama membahas mengenai pemilih pada Pemilu 2019, yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). 

"Ini persoalan yang dialami KPU kini, karenanya harus ada pertemuan bersama antara pemerintah dengan KPU dalam membicarakan hal tersebut," kata Tarwinto, Rabu (31/10/2018).

Menurutnya, meski sudah memiliki hak pilih namun jika pemilih tidak mempunyai KTP-el, ia tak dapat ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Katanya, kini harus dipikirkan solusi untuk 1,7 juta orang atau 42 persen dari 3,5 juta jumlah pemilih di Papua belum memiliki KTP-el.

"Kalau untuk data ganda yang menjadi temuan Bawaslu dan internal KPU, kami masih melakukan pembersihan hingga kini," ujarnya. 

Sementara Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Papua, Ribka Haluk mengatakan, pihaknya optimis masyarakat yang hingga kini belum memiliki KTP-el dapat menggunakan hak pilihnya saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

“Kami optimis saat Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) mendatang, warga yang memiliki hak pilih bisa terpenuhi haknya,” kata Ribka Haluk. 

Loading...
;

Katanya, Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil, Menteri Dalam Negeri, Pemprov Papua dan pemerintah kabupaten (kota) telah berkomitmen dan pihaknya masih terus mengejar target. 

"Progresnya setiap hari ada. Untuk mencapai 100 persen memang butuh waktu. Namun untuk mendekati target KTP-el demi kepentingan demokrasi, Pilpres dan pileg kami terus lakukan. Kami terus bekerja," ucapnya. (*) 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top