Follow our news chanel

Pemilihan Kepala Kampung Yobeh masih belum pasti

Papua
Ilustrasi pemungutan suara - Pixabay.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi –  Pemilihan Kepala Kampung Yobeh di Distrik Sentani tertunda dan tanpa kepastian hingga saat ini. Panitia pemilihan bahkan belum terbentuk karena menunggu kepastian pelantikan Badan Musyawarah Kampung setempat.

“Panitia pemilihan dibentuk oleh Bamuskam (Badan Musyawarah Kampung), sedangkan Bamuskam (periode kepengurusan saat ini) belum ada. Warga, terutama para kontestan (calon kepala kampung) pun menjadi ragu (mengenai kepastian pelaksanaan pemilihan),” kata Maurits Kallem, bakal calon Kepala Kampung Yobeh, Jumat (20/11/2020).

Masa jabatan Kepala Kampung Yobe periode saat ini telah berakhir pada 14 Juli lalu. Beberapa bulan sebelum itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura telah menunjuk pejabat sementara untuk mengisi kekosongan jabatan selama masa transisi.

“(Agenda) pemilihan kepala kampung juga belum pernah disosialisasikan. Sosialisasi dan pembentukan (pelantikan anggota baru) Bamuskan seharusnya dilakukan pada tiga bulan sebelum berakhirnya masa jabatan kepala desa,” jelas Kallem.

Yobeh berada di pusat Kota Sentani. Kampung lain di distrik tersebut telah menyiapkan bahkan merampungkan pemilihan kelapa kampung. Kallem pun mendesak Pemkab Jayapura dan Pemerintah Distrik Sentani segera menggelar Pemilihan Kepala Kampung Yobeh karena penundaannya berdampak besar terhadap pembangunan kampung.

Kepala Distrik Sentani Eroll Yohanes Daisiu berjanji mengupayakan seoptimal mungkin penyelesaian kendala dalam rencana Pemilihan Kepala Kampung Yobeh. “Pandemi Covid-19 dan kondisi keuangan daerah yang minim menjadi kendala serius (dalam melaksanakan pemilihan kepala kampung). Namun, kami akan berupaya seoptimal mungkin untuk mengatasinya.” (*)

 

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top