Follow our news chanel

Pemilu 2019, sistem Noken tak ada di Kota Jayapura

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan, pemilihan umum (pemilu) 2019 baik pemilihan anggota DPRD, DPRP, DPR RI, DPD RI dan Presiden, yang berlangsung di Kota Jayapura tidak menggunakan sistem noken, karena dianggap rawan kecurangan.

"Saya minta Kapolres dan juga KPU perhatikan hal ini. Di Kota Jayapura ini tidak ada sistem noken. Pengawasan harus diperketat," tuturnya di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (23/1/2019).

Menurutnya, pemilu yang menggunakan sistem noken yang menggantikan kotak surat suara yang selesai dicoblos, kemudian disimpan dalam noken (tas rajut khas Papua), bisa memicu konflik kekerasan.

"Saya tidak mau ada kekerasan terjadi Kota Jayapura. Mari kita jaga kota ini sebagai tanah damai dan aman di Papua karena rumah kita bersama sehingga Kota Jayapura menjadi barometer penyelenggaraan pemilu yang baik," tuturnya.

Benhur menambahkan, pemerintah Kota Jayapura siap mendukung pelaksanaan pemilu 2019 yang dilakukan secara serentak khususnya yang akan berlangsung di Kota Jayapura pada 17 April 2019.

Ketua KPU Papua, Theo Kossay mengaku, sangat mendukung ketegasan dari pemerintah Kota Jayapura yang tidak memberlakukan sistem noken pada pemilu serentak 2019.

Loading...
;

"Kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar mensukseskan pemilu di Papua karena bila menggunakan sistem noken bisa menimbulkan konflik dan rawan kecurangan," ujarnya.

Kossay mencontohkan, dalam Pilkada Kabupaten Puncak 2011, sebanyak 57 orang menjadi korban jiwa pada tahapan pencalonan. Lalu, Pilkada Jayawijaya 2014, satu orang menjadi korban jiwa saat pembentukan daerah pemilihan. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top