Follow our news chanel

Pemilu April 2021, 200 caleg Samoa terdaftar

Parlemen Samoa. - RNZ / Johnny Blades

Papua No.1 News Portal | Jubi

Apia, Jubi – Dua ratus caleg telah terdaftar untuk pemilihan umum parlemen nasional Samoa pada April tahun depan.

Daftar kandidat telah diumumkan oleh kantor Komisioner Pemilihan Umum saat menutup proses pencalonan pada pukul 12 siang, Jumat lalu (23/10/2020).

Partai HRPP yang memerintah Samoa saat ini menempati urutan teratas dengan mencalonkan 114 caleg, sedangkan parpol Faatuatua i le Atua Samoa ua Tasi mencalonkan 50 calon.

Partai oposisi Tautua Samoa dalam parlemen 2011-2016 telah mengajukan 14 caleg.

Enam kandidat mendaftarkan untuk maju dengan partai Samoa First, serta satu caleg dari partai Sovereign Independent Samoa.

Penutupan pencalonan caleg, yang dimulai Selasa lalu, juga termasuk 23 calon MP perempuan untuk pemilu 2021 mendatang.

Loading...
;

Mantan wakil Perdana Menteri Samoa, Fiame Naomi Mataafa, yang mundur dari partai HRPP setelah menjadi anggota selama lebih dari tiga puluh tahun, tidak memiliki lawan di dapilnya, begitu juga dengan Wakil Menteri Lealailepule Rimoni Aiafi, yang mundur dari partai Tautua Samoa dan mencalonkan diri dengan HRPP dalam pemilu 2016.

Semua kandidat sekarang memiliki waktu enam bulan untuk memutuskan apakah mereka mundur atau meneruskan pencalonan mereka hingga dua minggu sebelum pemilihan umum 2021, yang dijadwalkan pada 9 April.

Sementara itu dua kandidat telah mencalonkan diri di dapil Perdana Menteri, Tuilaepa Sailele Malielegaoi, yaitu di dapil Lepā. Ini termasuk saingannya pada pemilu 2016, Tu’ula Kiliri Tuitui. (RNZI)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top