Follow our news chanel

Previous
Next

Pemilu di Bougainville hampir rampung

Pemilu Bougainville hampir selesai, lebih cepat dari jadwal awalnya. – RNZI/ Central Bougainville Electorate Updates & Development

Papua No.1 News Portal | Jubi

Buka, Jubi – Pemilihan Umum Pemerintah Otonomi Bougainville (ABG) yang keempat dilaporkan sudah mendekati akhirnya pada Selasa kemarin (18/10/2020) setelah lima hari pemungutan suara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Bougainville, George Manu berkata: “Kotak suara dari provinsi-provinsi di PNG yang telah rampung di Distrik Ibu Kota Nasional, Madang, Morobe, Eastern Highlands, dan East New Britain dan West New Britain telah dikirim ke Buka hari Rabu (19/10/2020).

“Namun, akan ada pemungutan suara tambahan untuk pemilih di Bougainville khusus bagi mereka yang tidak memilih karena nama mereka tidak ada di daftar pemilih umum.”

Manu berkata pemungutan suara di beberapa daerah tertentu juga masih akan dilanjutkan akibat masalah transportasi. Menurut laporan di Bougainville Selatan dan Tengah, proses pemberian suara berjalan lancar meskipun ada sedikit gangguan.

“Di Bougainville Utara, ada dugaan kecurangan dari kandidat tertentu,” katanya. “Tuduhan-tuduhan seperti ini telah menyebabkan banyak kandidat mempertanyakan kredibilitas pemilu ini.

“Tanpa mengkonfirmasikan tuduhan-tuduhan ini, mereka dan pendukung mereka memprotes melalui Facebook. Penggunaan Facebook ini menyebabkan citra yang buruk pada pemilu ini, tetapi saya dan staf-staf saya tidak akan terpengaruh oleh Facebook.

Loading...
;

“Di sisi lain, kita tidak akan tutup mata mengenai tuduhan tersebut. Kita akan menangani tuduhan ini sebelum penghitungan suara dimulai,” tegasnya.

Para pemilih yang belum memilih dapat juga memilih di Buka (Bougainville Utara), Arawa (Bougainville Tengah), dan Buin (Bougainville Selatan). Ketiga TPS ini dibuka untuk melayani orang-orang yang memilih di luar daerah pemilihan mereka dan akan tetap buka.

“Mereka harus memeriksa nama mereka di daftar pemilih tambahan yang telah kita susun ketika mereka mengeluh karena tidak terdaftar setelah pemilu dimulai.”

DIsadur dari RNZ Pacific, Manu berkata semua surat suara akan dihitung di tiga pusat regional tadi, kecuali untuk presiden, yang akan dihitung di Buka. (The National)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top