Follow our news chanel

Pemilu Fiji, 234 kandidat disetujui

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Suva, Jubi – Sebanyak 234 calon anggota parlemen telah disetujui oleh Kantor Pemilihan Umum Fiji, menjelang pemilihan umum (pemilu) yang akan diadakan tanggal 14 bulan depan.

Pengawas Kantor Pemilihan Umum, Mohammed Saneem, mengatakan bahwa, secara total, mereka menerima 243 nominasi calon dari partai-partai politik, namun sembilan nominasi tidak disetujui, lantaran calon-calon itu tidak memenuhi persyaratan.

Jumlah calon ini mewakili enam partai politik besar di Fiji yang akan bertarung bulan depan, FijiFirst, SODELPA, National Federation Party atau NFP, Partai Buruh Fiji atau Fiji Labour Party (FLP), Humanity Opportunity Prosperity Equality (HOPE), serta Unity Fiji .

Sembilan calon yang ditolak termasuk perwakilan dari partai FLP dan Unity Fiji. Saneem telah membenarkan bahwa tiga kandidat dari FLP, telah digantikan oleh rekannya dan semua pergantian pun disetujui. Ketua partai FLP, Aman Singh, sampai Senin malam (15/10/2018), belum mengungkapkan nama tiga kandidatnya yang didiskualifikasi dan diganti.

Saneem juga menuturkan bahwa tiga dari 31 calon yang diajukan Unity Fiji tidak disetujui untuk mengikuti pemilu.

“Satu kandidat telah dinyatakan bangkrut, dua kandidat lainnya tidak memenuhi syarat, khususnya terkait persyaratan riwayat hukuman pidana.”

Loading...
;

Semua kandidat yang didiskualifikasi diberikan waktu sampai jam 4 sore Senin kemarin (15/10/2018), untuk mengajukan banding terhadap keputusan itu kepada KPU.

Sementara itu, Kantor Pemilihan Umum telah merilis daftar kandidat yang disetujui.

Partai FijiFirst, SODELPA, dan NFP masing-masing memiliki 51 kandidat yang akan mengikuti pemilihan umum, Partai Unity Fiji dan HOPE keduanya memiliki 28 kandidat, sementara FLP akan bertarung dengan 25 kandidat.

Pemimpin Partai HOPE, Tupou Draunidalo, yakin kandidat-kandidat mereka akan bisa meraup suara terbanyak, mencapai lebih dari ambang batas lima persen yang diperlukan, dan membentuk pemerintahan berikutnya.

“Setelah publik mendapatkan informasi mengenai siapa saja kandidat kami, Anda akan melihat bahwa mereka telah menjalani kehidupan yang nyata di negara ini, dan itulah yang ingin kami bawakan kepada parlemen jika mereka terpilih.”

Dari 28 kandidat HOPE, 17 diantaranya adalah perempuan – jumlah keterwakilan perempuan tertinggi dari satu partai yang pernah terlibat dalam pemilihan umum di Fiji.

Dengan pengumuman nominasi itu, pemilih yang sudah terdaftar sekarang bisa mengajukan keluhan atau banding kepada KPU, jika mereka merasa ada kandidat yang tidak memenuhi syarat, untuk dinominasikan atau pencalonan kandidat tidak sesuai dengan Konstitusi, atau UU pemilu 2014, Electoral Act 2014 .

Semua laporan dan keberatan yang diajukan terkait nama-nama dalam daftar ini, harus mengikuti dengan prosedur banding KPU, Objection and Appeals Procedure. (PINA/FBC News)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top