HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Pemilu Niue selesai, jabatan tertinggi diperebutkan oleh MP terpilih

Setelah 12 tahun menjabat sebagai Premier Nieu, Sir Toke Talagi, kalah dalam pemilu pekan lalu. - RNZI/Sally Round

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Alofi, Jubi – Anggota Parlemen (MP) Niue yang baru terpilih, Richard Hipa, telah membenarkan rencananya untuk mencalonkan diri sebagai Premier negara itu, dan menegaskan hasil pemilu akhir pekan lalu mengindikasikan bahwa masyarakat ingin ada perubahan.

Dalam wawancaranya dengan BCN, Hipa berkata bahwa dia berterima kasih kepada orang-orang Niue, setelah dia berhasil mendapatkan jumlah suara terbanyak dengan 440 suara.

Pemilu Niue selesai, jabatan tertinggi diperebutkan oleh MP terpilih 1 i Papua

“Dari lubuk hati saya, saya mengucapkan terima kasih kepada kalian semua atas dukungan, dan juga dukungan sehingga nama saya diajukan untuk pemilu, serta kepercayaan dari orang-orang yang ingin melihat ada perubahan dalam pemerintahan,” katanya.

Hipa, yang menjabat sebagai Sekretaris Pemerintah Niue dari 2008 hingga 2017, berkata ia terkejut sebagai sebagai pendatang baru ia bisa memenangkan suara terbanyak.

Jika terpilih sebagai Premier, Hipa mengatakan prioritasnya adalah untuk menganalisis keuangan pemerintah untuk memenuhi janji kampanyenya untuk membantu keluarga-keluarga Niue .

Pemerintah Nieu belum menyerahkan laporan audit keuangannya selama empat tahun terakhir.

Ditanya apakah ia akan bergabung dengan pemerintah sementara, Hipa menjawab jika terpilih sebagai Perdana Menteri, ia berencana untuk membentuk pemerintah yang baru.

Namun, dia juga mengakui pekerjaan Premier Sir Toke Talagi, yang kehilangan kursinya dalam pemilu pekan lalu, mengakhiri 12 tahun periode pemerintahannya.

Sidang perdana Majelis Legislatif Nieu yang ke-17 rencananya akan diadakan Rabu pekan depan, 10 Juni.

Pemilihan juru bicara parlemen akan dilakukan terlebih dahulu, disusul dengan pengambilan sumpah 20 MP yang baru terpilih. Juru bicara majelis kemudian akan melanjutkan dengan pemilihan Premier, kepala pemerintahan Nieu. (RNZI)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.