HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Pemindahan lokasi persidangan tersangka rusuh Wamena tergantung MA

Ilustrasi persidangan di Pengadilan Negeri Wamena. -Jubi/Islami.
Ilustrasi persidangan di Pengadilan Negeri Wamena. -Jubi/Islami.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Rencana pemindahan persidangan bagi para tersangka kerusuhan Wamena 23 September 2019 ke luar Wamena, dan adanya permintaan dari pihak keluarga agar sidang tetap dilaksanakan di Wamena, semua tergantung dari keputusan Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia.

Dikatakan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Wamena, Yajid, SH. MH, prinsipnya PN siap menerima, memeriksa, dan memutuskan perkara yang dilimpahkan ke PN, meski memang ada surat yang dibuat oleh Kapolres Jayawijaya karena melihat kondisi di Wamena pascarusuh masih kurang kondusif.

“Kalau masalah itu bukan wewenang kita. Mungkin dikhawatirkan ada hal-hal yang tidak diinginkan bisa memicu keributan dan akan mengganggu proses persidangan, sehingga kapolres menyurati Kejaksaan Negeri Jayawijaya, lalu Kejaksaan Negeri menyurati Ketua PN Papua untuk memindahkan tempat persidangan ke luar Wamena,” katanya, kepada wartawan di ruang kerjanya, Wamena, Senin (25/11/2019).

Ia mengaku, telah menyurat ke PN untuk dilanjutkan ke MA agar perkara tersebut tidak disidangkan di Wamena.

“Menurut permintaan penuntut umum, persidangan dialihkan ke PN Merauke, namun semua itu masih menunggu putusan dari MA,” katanya.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Jayawijaya, Ricarda Arsenius mengatakan, jaksa sedang berkoordinasi karena perkara ini masih di tingkat penyidikan kepolisian, belum diserahkan ke kejaksaan.

Loading...
;

“Kita juga harus melihat situasi dan kondisi di Wamena, apakah memungkinkan disidang di Wamena atau tidak. Cuma memang rencana terakhir seperti itu, kalau di Wamena tidak memungkinkan, maka kita sidang di luar Wamena,” katanya.

Lanjutnya, mengenai biaya jika memang nantinya sidang digelar di luar Wamena, hal itu pun masih dikoordinasikan ke pimpinan, karena proses hukum tersangka masih ditangani kepolisian.

“Pembiayaan karena belum pasti kita harus koordinasi dulu, sebab perkara ini masih di tingkat penyidikan, dan jika sudah tahap dua baru berkoordinasi lagi ke pimpinan,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Jayawijaya, AKBP Dominggus Rumaropen mengaku, pemindahan lokasi persidangan bukan wewenang kepolisian, dimana pihaknya hanya mengusulkan sesuai dengan pertimbangan Polda Papua.

“Terkait dengan pemindahan sidang, bukan kewenangan kami. Polisi selalu siap melayani. Namun hal ini juga masih menunggu keputusan Mahkamah Agung,” kata Rumaropen. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa