Pemkab Asmat dan DPRD sepakat perpanjang bandara Agatz tahun depan

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Merauke, Jubi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asmat bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, telah sepakat akan menganggarkan dana guna perpanjangan Bandara Agatz tahun depan. Saat ini, panjangnya hanya sekitar 600 meter dan tahun depan akan dibongkar sekaligus dilakukan perpanjangan sampai 1.200 meter.

Demikian disampaikan Ketua Komisi A DPRD Merauke, Arie Suprapto kepada Jubi di Merauke, Kamis (10/11/2016).

“Memang sudah menjadi salah satu program dari Bupati-Wakil Bupati Asmat, Elysa Kambu-Thomas Eppe Safanpo adalah melakukan renovasi secara besar-besaran Bandara Agatz tahun depan,” katanya.

Sebagai dewan, jelas Arie,  sangat mendukung. Karena penerbangan ke Asmat dan sebaliknya, sangat dibutuhkan masyarakat.

“Selama ini, sudah ada bandara. Namun, landasan pacu masih kecil dan pendek dan hanya didarati pesawat kecil. Olehnya, perlu diperpanjang,” katanya.

Meskipun pelayanan Pelni juga sudah berjalan dengan mengoperasikan sejumlah kapal, akan tetapi  lebih baik lagi jika pesawat berukuran besar, masuk juga di Asmat. Tetapi kuncinya adalah bandara harus direnovasi terutama landasan pacu. Sehingga ketika pesawat mendarat, tak mengalami kesulitan.

Loading...
;

Sesuai rencana Bupati Asmat juga, katanya, pada tahun 2019 mendatang, targetnya adalah panjang Bandara Agatz harus 2.000 meter. Itu komitmen pemimpin sekarang, agar ketika masa jabatan berakhir, ada perubahan besar dalam bidang perhubungan.

Selain bandara yang akan direnovasi, juga dibangun jalan beton dalam wilayah Kota Agatz, termasuk membangun infrastruktur jalan di daerah perbatasan seperti Yahukimo dan Nduga. Itu akan dikerjakan secara bertahap dan telah menjadi program Bupati-Wakil Bupati Asmat juga. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top