HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Pemkab Dogiyai gelar Musrenbang RPJPD

Penandatanganan berita acara kesepakatan hasil Musrenbang RPJPD. – Jubi/Abeth You
Penandatanganan berita acara kesepakatan hasil Musrenbang RPJPD. – Jubi/Abeth You

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Dogiyai, Jubi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai melalui Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2005-2025, yang dilaksanakan di Gedung Koteka Moge Mowanemani, Kabupaten Dogiyai, selama dua hari sejak Senin (16/3/2020) sampai Selasa (17/3/2020).

Asisten I Setda Dogiyai, Nason Pigai, yang membuka musrenbang mewakili bupati, mengatakan kegiatan ini penting dilaksanakan karena merupakan suatu tahapan dalam proses penyusunan perubahan RPJPD.

“Sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah,” ujarnya.

Pigai mengatakan musrenbang juga merupakan suatu forum musyawarah, untuk mematangkan dan menyesuaikan RPJPD Kabupaten Dogiyai, dalam menghasilkan dokumen perubahan yang benar.

Plt. Kepala Bappeda Dogiyai, Yakobus Dogomo, mengatakan musrenbang ini juga dalam rangka pemaparan, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap visi misi arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD.

“RPJPD merupakan suatu dokumen yang sangat penting dan strategis bagi arah pembangunan daerah, dan menjadi pedoman bagi kepala daaerah terpilih untuk menjabarkan visi misi dan program pembangunan, dalam jangka waktu lebih pendek dan terperinci seperti RPJMD dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD),” katanya.

Loading...
;

Ia berharap setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berpartisipasi aktif dalam kegiatan itu dengan mengikuti pembahasan rancangan awal RPJPD, memberi saran, masukan, dan kritik yang sifatnya membangun demi penyempurnaan dokumen rancangan awal RPJPD Kabupaten Dogiyai tahun 2005-2025 ini.

“Apabila ada visi misi dan program yang dianggap tidak kontekstual, bisa dikoreksi agar dokumen RPJPD dapat disempurnakan,” katanya.

Kegiatan musrenbang tersebut menghadirkan narasumber dari akademisi Universitas Uncen (uncen) Jayapura serta Bappeda Provinsi Papua. Peserta berasal dari pimpinan OPD, sekretaris dan kasubag program di lingkungan Pemkab Dogiyai. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa