Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pemkab Jayapura akan bagi gugus tugas pemetaan wilayah adat

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan pihaknya dalam waktu dekat ini akan membagi gugus tugas pemetaan wilayah adat di Kabupaten Jayapura.

Pembagian gugus tugas ini, menurut Bupati, akan melibatkan sejumlah pihak di dalamnya, yakni Dewan Adat Suku (DAS), Universitas Cenderawasih, PTPPMA, LSM, DPR Provinsi Papua, dan DPR Kabupaten Jayapura, serta masyarakat lokal sebagai pemilik hak ulayat di wilayah adat masing-masing.

“Gugus tugas ini akan memastikan peta wilayah adat dengan kepastian pemilik wilayah oleh masyarakat adat secara resmi,” jelas Bupati Awoitauw, saat ditemui di Sentani, Sabtu (1/9/2018).

Setelah pembagian gugus tugas tersebut, Bupati Jayapura akan ikut serta dalam pembahasan Pemanasan Global (Global Warming) yang akan dilaksanakan di San Fransisco Amerika Serikat pada 9-15 Sepetember mendatang.

“Ada pertemuan masyarakat pribumi dan para gubernur yang mempunyai hutan terbesar di dunia. Ini menandakan bahwa dunia menanggapi serius terhadap apa yang dilakukan saat ini di Kabupaten Jayapura. Di San fransisko akan kita bicarakan tentang kepastian hak-hak dasar masyarakat adat dan ini bersinergi dengan pemetaan wilayah adat yang sedang kita laksanakan,” ujarnya.

Ketua Dewan Adat Suku (DAS) Sentani, Demas Tokoro, menilai langkah konkrit yang diambil oleh pemerintah daerah dengan melibatkan semua pemangku kepentingan serta masyarakat pemilik ulayat adalah langkah yang tepat.

Loading...
;

“Pemetaan wilayah adat ini bersinergi dengan sistem pemerintahan kampung yang sudah lebih dulu dicanangkan oleh pemerintah daerah. Untuk menjalankannya, harus ada kepastian hukum atas batas dan wilayah pemerintahan masing-masing kampung,” katanya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top