Follow our news chanel

Previous
Next

Pemkab Jayapura andalkan Simada dalam penataan aset

Papua
Peluncuran Sistem Informasi Manajemen Aset Daerah (Simada) di Kabupaten Jayapura, Kamis pekan lalu - Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi Inventarisasi aset daerah diharapkan lebih tertata optimal di Kabupaten Jayapura. Harapan itu sering pengoperasian sistem informasi terpadu secara daring yang mempermudah pemerintah setempat mengelola aset daerah.

“Selama ini semua datanya di-input secara manual. Sekarang, sudah secara online (daring) melalui aplikasi Simada (Sistem Informasi Manajemen Aset Daerah),” kata Bupati Mathius Awoitauw, Senin (21/9/2020).

Pengoperasian Simada diluncurkan pada Kamis pekan lalu. Aplikasi tersebut dirancang oleh Jhon Simatauw, siswa Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan II Nasional yang juga pegawai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura.

“Inventarisasi aset berupa barang bergerak dan maupun tidak bergerak merupakan informasi penting bagi daerah. Karena itu, Simada sangat efisien dalam mendata aset daerah,” ujar Awoitauw.

Simatauw mengatakan ide pembuatan aplikasi didasari pada fakta mengenai penataan aset daerah di Pemkab Jayapura. Sistem pelaporannya dianggap belum berjalan sebagaiman mestinya.

“Hasil pemeriksaan (audit) Badan Pemeriksa Keuangan pada 2019 menyatakan laporan pengelolaan aset Pemkab Jayapura masih belum sesuai aturan (standar audit pemerintah). Kondisi tersebut juga terjadi di seluruh kabupaten dan kota di Papua,” kata Simatauw.

Dia berharap aplikasi rancangannya mampu meningkatkan kinerja pengelolaan aset daerah di Pemkab Jayapura. Semua datanya tersaji sesuai standar dan ketentuan pemerintah. (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top