Follow our news chanel

Previous
Next

Pemkab Jayapura diminta perhatikan kondisi eks pasar lama Sentani

Kondisi eks pasar lama Sentani, saat ini - Jubi/Engel Wally
Pemkab Jayapura diminta perhatikan kondisi eks pasar lama Sentani 1 i Papua
Kondisi eks pasar lama Sentani, saat ini – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Sejumlah masyarakat minta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura memperhatikan kondisi eks pasar lama Sentani, yang hingga saat ini belum ditangani baik.

Permintaan ini muncul karena seringnya terjadi kemacetan arus lalulintas di jalur masuk maupun keluar jalur eks pasar lama Sentani. Selain itu, para pedagang asli Papua yang tidak mendapat tempat untuk berjualan yang layak, padahal semuanya menjalankan hak dan kewajiban berupa retribusi pendapatan bagi daerah.

“Kita yang dagang di warung setiap bulan bayar sepuluh persen dari pendapatan, miris melihat mama-mama Papua yang berjualan di tempat yang tidak nyaman,” ujar Nurul, salah seorang pemilik warung makan di eks pasar lama Sentani, Senin (2/3/2020).

Nurul juga mempertanyakan retribusi yang setiap hari diambil oleh petugas pemerintah dari para pedagag lokal digunakan untuk apa saja.

Sementara kondisi tempat jualan dari waktu ke waktu tidak mengalami perubahan apa-apa dan sangat tidak wajar bagi pedagang untuk berjualan di tempat seperti itu.

“Ini yang jual adalah bahan pokok makanan yang nantinya dikonsumsi oleh manusia, kenapa tempat jualnya tidak diperhatikan atau diperbaiki,” katanya.

Loading...
;

Hal senada juga dikatakan Jamaludin, salah seorang tukang ojek di kawasan eks pasar lama Sentani. Menurutnya, tempat jual yang digunakan oleh para pedagang lokal sama sekali tidak nyaman dan tidak layak lagi.

“Jarak jualan dengan ban motor kami (tukang ojek) tidak sampai satu meter, belum lagi dengan badan jalan, di samping dan belakang ada drainase yang jorok,” ungkapnya.

Disinggung soal tempat jual yang layak di Pasar Pharaa Sentani yang disediakan oleh pemerintah daerah, Jamaludin mengaku sebagian besar pedagang sudah ada yang pindah lagi ke eks pasar lama Sentani.

“Tempat jual di sana (Pasar Pharaa) sudah tersedia, tetapi tidak diatur, malah ada los yang diperjualbelikan oleh oknum tertentu. Dampaknya, sebagian mereka memilih (kembali) ke sini (eks pasar lama Sentani),” jelasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top