Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pemkab Jayapura dorong peningkatan ketersediaan pangan lokal

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan ketersediaan pangan lokal saat ini harus ditingkatkan lagi ke arah yang lebih baik.

Menurutnya, setiap acara-acara formal atau undangan resmi daerah ataupun acara apa saja, pangan lokal yang harus menjadi sajian makanan ringan maupun makan siang. Pangan lokal tersebut dari sagu, ikan, umbi-umbian, dan kakao.

Pemkab Jayapura dorong peningkatan ketersediaan pangan lokal 1 i Papua

“Pemerintah daerah mendorong ketersediaan pangan lokal yang berbasis sagu, kakao, ikan, dan umbi-umbian untuk mendukung program ketahanan pangan lokal di daerah ini,” kata Bupati Awoitauw, usai membuka kegiatan Rapat Dewan Ketahan Pangan Kabupaten Jayapura di Aula Lantai Dua Kantor Bupati Jayapura di Gunung Merah Sentani, Selasa (30/10/2018).

Dikatakan, produk-produk lokal untuk pangan berbasis sagu, ikan, dan kakao, sementara sedang berjalan dalam transaksi jual beli oleh masyarakat sendiri. Perlu ada penanganan khusus untuk diangkat ke permukaan sehingga pangan lokal tersebut menjadi andalan kita di sini sebagai pengganti beras.

“Dari sisi kesehatan, pangan lokal lebih menjamin. Oleh sebab itu, menjelang iven-iven daerah seperti PON 2020 nanti, di sini pangan lokal harus menjadi ciri khas orang datang ke Papua. Jangan orang datang ke Papua tapi pangannya bukan asli Papua,” ujarnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura, Tasrip, mengatakan pihaknya terus malakukan sosialisasi dan pelatihan bagi masyarakat terkait pemanfaatan serta konsumsi pangan lokal yang wajib dilakukan oleh masyarakat.

Loading...
;

“Dari hasil rapat Dewan Ketahanan Pangan, kita berharap ada rekomendasi kepada para pengambil kebijakan untuk bersama-sama mendorong percepatan dan pemanfaatan serta penyediaan pangan lokal. Selain untuk kepentingan masyarakat tetapi juga untuk kepentingan iven nasional lainnya seperti pelaksanaan PON XX than 2020 nanti,” katanya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top