Pemkab Jayapura siapkan lahan 1 hektare untuk relokasi korban banjir Sentani

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat diskusi dengan sejumlah tokoh masyarakat adat - Jubi/Engel Wally
Pemkab Jayapura siapkan lahan 1 hektare untuk relokasi korban banjir Sentani 1 i Papua
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat diskusi dengan sejumlah tokoh masyarakat adat – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayapura akan menyiapkan lahan seluas satu hektar untuk merelokasi warga masyarakat yang terdampak bencana banjir bandang 16 Maret lalu.

Lahan tersebut berada di wilayah Kemiri Sentani dan nantinya akan digunakan oleh warga masyarakat Kemiri yang benar-benar terdampak dan saat ini masih tinggal di pengungsian.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan lahan tersebut sudah bersertifikat dan dikhususkan bagi warga Kemiri Sentani.

Menurutnya, bagi warga yang ingin kembali dan tinggal di atas tanah mereka sendiri, jauh lebih baik, misalnya ada yang mau kembali ke Kehiran.

“Dari koordinasi kami dengan sejumlah kementerian dan lembaga di Graha BNPB Pusat beberapa hari lalu, ada sebuah yayasan yang bersdia membangun ratusan rumah layak huni. Dari ketersediaan lahan seperti ini, tinggal data masyarakat yang akan dicocokkan,” jelas Bupati Awoitauw, di kantornya, Selasa (7/5/2019).

Dikatakan, rumah yang dibangun oleh yayasan tersebut sesuai dengan data kependudukan yang ada. Artinya by name by address, dan pemerinah juga akan membantu dengan dana stimulan dalam masa pemulihan tersebut.

Loading...
;

“Dalam pekan ini kita pastikan akan dibangun di daerah Kemiri Sentani. Hal yang sama juga kita akan lakukan termasuk kawasan penyangga cagar alam akan dikosongkan serta pemulangan warga masyarakat yang ke daerah pegunungan,” ujarnya.

Dalam kondisi yang secara perlahan mulai membaik, Ketua Dewan Adat Suku (DAS) Sentani, Demas Tokoro, mengingatkan kepada pemerintah daerah dengan tidak melupakan masyarakat adat yang terdampak bencana secara khusus di pesisir Danau Sentani.

“Ribuan masyarakat di pulau-pulau sementara manantikan bantuan pemerintah daerah. Kita berharap hal ini juga menjadi perhatian pemerintah daerah,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top