Follow our news chanel

Pemkab Jayawijaya akan tingkatkan kebersihan kota

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Wamena, Jubi – Wakil Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua mengatakan, ke depan pemerintah daerah akan meningkatkan kebersihan Kota Wamena.

Terkait adanya genangan air di perempatan jalan Bhayangkara-Ahmad Yani Wamena akibat tersumbat sampah, akan dilakukan pembersihan.

“Kita ingin sampah setiap pagi sudah harus terangkat, jadi kita berharap kepada masyarakat agar saat subuh baru keluarkan sampah dari rumah supaya langsung diangkut truk sampah,” katanya saat meninjau pembongkaran drainase, Rabu (29/8/2018).

Untuk itu dirinya akan memanggil dinas lingkungan hidup untuk menindaklanjuti kebersihan kota, meskipun sudah berbagai upaya dilakukan baik dengan cara menyediakan bak sampah maupun pengangkutan sampah dengan truk dari rumah ke rumah.

“Kita sudah coba dengan meletakkan kontainer sampah di sejumlah titik, tetapi pada malam hari ada masyarakat masuk ke dalam kontainer sampah untuk mengambil sisa makanan, menyebabkan sampah berhamburan,” ujarnya.

Padahal, dengan sistem jemput sampah di setiap pemukiman dengan armada yang dimiliki dirasakan cukup, namun kata dia ketika ditambahkan armada maka akan digunakan untuk kegiatan lain.

Loading...
;

“Mendingan kita gunakan yang ada, tetapi tingkatkan kinerjanya. Kita berikan kendaraan banyak, tetapi kalau yang kerja sampai pukul 12 siang dia cari bisnis sendiri di luar, itu yang terjadi selama ini, sehingga kita akan gunakan kendaraan yang ada, namun meningkatkan kinerjanya,” ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Jayawijaya, Max Hattu mengatakan, sebenarnya pemeliharaan drainase menjadi kewenangan OPD lain, namun dengan kondisi yang ada sudah harus diambil tindakan.

“Contoh di perempatan jalan Bhayangkara-Ahmad Yani ketika membongkar parit banyak sampah sehingga air tergenang di jalanan, akibat tidak sadarnya masyarakat membuang sampah,” kata dia. (*)
 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top