Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua. -Jubi/Islami

Pemkab Jayawijaya tunggu kepastian vaksin Covid-19

Papua No.1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya masih menunggu kepastian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, terkait penyaluran vaksin Covid-19 yang hingga kini belum diketahui kapan akan didistribusikan ke daerah-daerah.

Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua, mengatakan pemerintah daerah tidak pernah mengeluarkan pernyataan menolak vaksin. Karena hingga sekarang pun pemerintah masih menunggu penyalurannya yang diinformasikan ada 14 ribu vaksin sudah tiba di Jayapura.

“Infonya sebanyak sekitar 14 ribu vaksin untuk Papua sudah tiba di Jayapura namun belum distribusi ke Jayawijaya. Berapa banyak, kami sendiri belum bisa tahu karena datanya dari provinsi, jadi masih menunggu,” katanya di kantor Dinas Otonom, Senin (11/1/2021).

Namun yang pasti kata Banua, para tenaga medis baik di Dinas Kesehatan, puskesmas maupun rumah sakit tetap menjadi prioritas untuk divaksin sesuai instruksi pusat.

“Kami sendiri tidak bisa membuat list siapa-siapa yang akan terima vaksin nantinya, karena sudah ada data yang keluar dengan NIK dari pusat seperti tenaga medis mendapatkan konfirmasi dan prioritas. Jadi bukan kita di daerah yang tunjuk orang,” katanya.

Selain tenaga medis, katanya, para ASN maupun TNI-Polri juga akan mendapatkan vaksinasi lalu warga yang sudah lanjut usia.

Loading...
;

“Jika sudah punya data kami harus tetap lakukan vaksin, kalau memang sudah jatah ASN bahkan saya sebagai bupati dan wakil bupati harus tunjukkan ke masyarakat bahwa vaksin itu tidak menimbulkan masalah,” katanya.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Provinsi Papua berencana mendistribusikan vaksin Covid-19 tahap I ke kabupaten/kota pada Selasa, 12 Januari 2021. Hal ini sesuai dengan surat edaran Kementerian Kesehatan nomor SR. 02.06/II/80/2021 tentang Distribusi Vaksin dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Papua, dr. Aaron Rumainum, mengatakan untuk tahap I termin 1 (Januari), pendistribusian vaksin hanya untuk Kabupaten Mimika, Kabupaten Jayapura, dan Kota Jayapura.

“Soal pendistribusian semua diatur oleh pihak Kementerian Kesehatan. Untuk Kota Jayapura sebanyak 7.560, Kabupaten Jayapura 2.720, dan Mimika 2.320. Dengan demikian yang masih tersimpan di gudang sebanyak 2.080,” kata dr. Aaron melalui pesan WhatsApp kepada Jubi di Jayapura, Senin (11/1/2021). (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top