Follow our news chanel

Pemkab Mambra diminta izinkan KM Fajar Indah beroperasi

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Pemuda dan mahasiswa Kabupaten Mamberamo Raya (Mambra), Papua meminta pemerintah dan Dinas Perhubungan setempat mengizinkan Kapal Motor (KM) Fajar Indah beroperasi ke wilayah itu.

Ketua Gerakan Solidaritas Mahasiswa Mambra, Jeckson Dasnarebo mengatakan, sejak datang hingga kini, sudah sebulan lebih KM Fajar Indah hanya berlabuh di Pelabuhan APO, Kota Jayapura. Padahal kapal ini sudah mendapat izin pelayaran melayani rute Jayapura-Mambra dari Kementerian Perhubungan. 

"Setelah kapal tiba di Papua, pihak pengurus kapal mengajukan permohonan izin ke Pemkab Mambra, namun ditolak oleh kepala Dinas Perhubungan Mambra dengan beberapa alasan," kata Dasnarebo, Senin (11/6/2018).

Padahal menurutnya, masyarakat Mambra masih butuh tambahan kapal sebagai alat transportasi. Hingga kini hanya satu kapal yang melayani rute Jayapura-Mambra, yakni KM Cantika 88. Jika wilayah itu dilayani dua kapal, akan memudahkan masyarakat Mambra dan dapat menekan harga tiket.  

Sementara Ketua Pemuda Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Mambra, Ricky Kooh mengatakan, KM Fajar Indah datang ke Papua untuk melayani rute Jayapura-Mambra, setelah permintaan pihak perusahaan dikabulkan Dirjen Perhubungan Kementerian Perhubungan.

"Tapi setelah tiba di Papua, ditolak kepala Dinas Perhubungan Mambra. Padahal KM Fajar Indah sudah dapat subsidi bahan bakar minyak sebanyak 12 ton dari Kementerian Perhubungan untuk pelayanan ke Mambra," ujar Ricky Kooh.

Loading...
;

Menurutnya, untuk harga tiket KM Cantika 88 rute Jayapura-Mambra kini, senilai Rp260 ribu dari awalnya Rp460 ribu. Sejak 3 Mei 2018 harga tiket KM Cantika 88 turun karena disubsidi oleh Pemkab Mambra.

"KM Cantika 88 ini memang dikontrak Pemkab Mambra. Tapi kami minta kepala Dinas Perhubungan segara izinkan KM Fajar Indah berlayar ke Mambra karena kalau hanya mengandalkan KM Cantika 88, hanya satu kapal," ucapnya. (*) 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top