Follow our news chanel

Previous
Next

Pemkab Merauke matangkan rencana pemulangan warga

Papua
Bupati Frederikus Gebze - Jubi/Frans L Kobun.
Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Rencana pemulangan warga Merauke yang tertahan di sejumlah daerah akibat penutupan layanan penerbangan maupun pelayaran penumpang harus diagendakan secara matang. Diperkirakan, terdapat lebih dari 300 warga Merauke yang masih tertahan sampai saat ini di Jakarta, Makassar, Surabaya, dan Jayapura.

“Pemulangan mereka harus ditangani dengan baik sehingga tidak boleh terburu-buru. Kami masih berkoordinasi intensif dengan pihak bandara dan instansi terkait untuk mencapai kesepakatan bersama (mengenai rencana pemulangan warga Merauke),” kata Bupati Frederikus Gebze, Kamis (11/6/2020).

Bupati Gebze mengatakan agenda pemulangan warga terdampak penutupan operasional bandara tersebut juga dibahas bersama dalam rapat para bupati di Papua. Rapat koordinasi itu berlangsung di Jayapura, beberapa hari lalu.

Gebze menjelaskan pemulangan kemungkinan dilaksanakan terlebih dahulu terhadap warga yang tertahan di Jayapura. Setelah itu, disusul dengan kota-kota lain di luar Papua.

“Pemulangan dari daerah lain akan dikoordinasikan dengan paguyuban atau kerukunan warga.  Misalnya, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS),” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Merauke juga mesti berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri serta Satuan Tugas Percepatan Penanggulangan Covidp-19 Merauke untuk mematangkan rencana pemulangan warga. Itu termasuk memastikan kesiapan lokasi karantina buat mereka setelah tiba di Merauke.

“Rencananya mereka akan dijemput di bandara oleh pastor, pendeta maupun ustaz. Itu untuk memberikan ketenangan (mencegah dampak psikologis), dan menghindari kecurigaan masyarakat (stigmatisasi),” jelas Gebze.

 

Loading...
;

Sebelumnya, Aloysius Dumatubun yang mengaku sebagai Ketua Tim Pemulangan Warga Merauke mengklaim mereka telah membuka posko pemulangan di Jakarta, Surabaya, dan Makassar. Warga pun antusias mendaftarkan diri ke sejumlah posko tersebut. “Begitu posko dibuka, ratusan warga pun mendaftar untuk pulang ke Merauke.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top