Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pemkab Mimika alokasikan Rp20 miliar untuk bantu pangan warga

Warga saat mengantri untuk menerima bantuan pangan lokal yang dibagikan Pemerintah Provinsi Papua secara gratis. - Jubi/Alex
Pemkab Mimika alokasikan Rp20 miliar untuk bantu pangan warga 1 i Papua
Warga saat mengantri untuk menerima bantuan pangan lokal yang dibagikan Pemerintah Provinsi Papua secara gratis. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Timika, Jubi – Gugus Tugas COVID-19 Pemkab Mimika, Provinsi Papua mengalokasikan anggaran sekitar Rp20 miliar untuk pengadaan bahan pangan guna membantu masyarakat yang mengalami krisis selama masa pandemi COVID-19 saat ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika, Syahrial mengatakan anggaran sebesar Rp20 miliar ini juga dipakai untuk menyewa sarana transportasi laut dan udara guna pengangkutan bahan pangan ke distrik-distrik di wilayah pesisir pantai dan pegunungan.

Pemkab Mimika alokasikan Rp20 miliar untuk bantu pangan warga 2 i Papua

“Untuk tahap pertama ini kami mendapat alokasi dana Rp20 miliar untuk pembelian bahan makanan dan perlengkapan lain. Untuk distrik wilayah pesisir dan sekitar Kota Timika menghabiskan sekitar Rp15 miliar, sedangkan untuk wilayah pegunungan yang harus diangkut dengan transportasi udara dianggarkan Rp5 miliar,” jelas Syahrial di Timika, Rabu (6/5/2020)

Ia mengatakan distribusi bantuan pangan ke distrik-distrik di wilayah pesisir pantai mulai dari Mimika Barat Jauh, Mimika Barat Tengah, Amar, Mimika Barat, Mimika Tengah, Mimika Timur, Mimika Timur Jauh, Jita, Agimuga sudah dilakukan pada April lalu.

Demikian pun dengan distrik sekitar Kota Timika seperti Iwaka, Kuala Kencana, dan Kwamki Narama juga sudah disalurkan bantuan pangan kepada warga.

Adapun untuk empat distrik di wilayah pegunungan, bantuan pangan hingga kini belum sempat didistribusikan dan masih tersimpan di gudang kargo Bandara Mozes Kilangin.

Loading...
;

Empat distrik di wilayah pegunungan Mimika yaitu Tembagapura, Hoeya, Jila dan Alama.

Situasi keamanan yang kurang terjamin akibat adanya sejumlah kasus penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menjadi alasan utama belum terdistribusikannya bantuan pangan untuk warga di wilayah pegunungan Mimika.

Adapun untuk warga di dua distrik dalam wilayah Kota Timika yaitu Mimika Baru dan Wania, Pemkab Mimika merencanakan untuk mendistribusikan bantuan pangan mulai Jumat (8/5) hingga pekan depan.

“Untuk kampung-kampung (desa) di Distrik Wania dan Mimika Baru bantuan akan kami salurkan paling lambat mulai Jumat mendatang. Berdasarkan data yang kami terima berbasis sumber data Dana Desa, terdapat 9.000 jiwa yang akan menerima bantuan,” jelas Syahrial.

Sementara untuk 15 kelurahan di Distrik Mimika Baru dan Wania ditambah dua kelurahan di Distrik Kuala Kencana, bantuan akan disalurkan kepada 33.000 keluarga dengan jumlah jiwa sekitar 165.000.

Rencananya penyaluran bantuan pangan untuk 33.000 keluarga di Distrik Mimika Baru, Wania dan Kuala Kencana itu akan dilakukan mulai pekan depan.

Paket bantuan pangan yang telah dan akan disalurkan Pemkab Mimika berupa beras, minyak goreng, mie instan, gula pasir, kopi, telur dan lainnya.

Sebelumnya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan distribusi bantuan diprioritaskan kepada warga yang bermukim di wilayah pesisir pantai dan pegunungan yang jauh dari Kota Timika mengingat warga di wilayah itu kini tidak bisa mengakses ke Kota Timika lantaran adanya kebijakan pembatasan penerbangan dan pelayaran dari dan menuju ke Timika.

“Kami utamakan dulu masyarakat yang tinggal di pedalaman dan pinggiran kota. Kalau sudah selesai semua maka bantuan akan disalurkan juga kepada masyarakat yang tinggal di Timika terutama di Distrik Mimika Baru dan Wania,” kata Omaleng.

Orang nomor satu di Mimika itu memastikan semua masyarakat terutama warga kurang mampu dan terdampak COVID-19 akan menerima bantuan pangan dari pemerintah daerah.

“Semua akan menerima bantuan. Nanti akan dibagi per kelurahan masing-masing. Semua harus menerima dengan porsi dan jumlah yang sama, tidak terkecuali. Jangan sampai ada yang bicara-bicara tidak terima bantuan, semua nanti akan mendapat bagiannya, termasuk para tukang ojek,” kata Omaleng.(*)

Editor: Angela Flassy

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top