HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Pemkab Nabire janji benahi pengelolaan Pasar Makimi

Papua
Rapat penyelesaian polemik Pasar Makimi di aula Bapenda Nabire, Rabu (8/7/2020) - Jubi/Titus Ruban.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Polemik kepemilikan lahan dan pengelolaan Pasar Makimi akhirnya teratasi. Para pihak sepakat bahwa pasar di Kampung Lagari Jaya, Distrik Makimi itu harus dikelola dengan baik sehingga menjadi sentra perekonomian setempat.

“Kami mengapresiasi keterbukaan Baldus Rumbobiar beserta keluarga, selaku pemilik hak tanah (dalam menyelesaikan polemik). Bagaimana pun (kondisi) pasar itu harus diperhatikan agar dapat menggerakan perekonomian di Makimi,” kata Sekretaris Daerah Nabire Daniel Maipon, seusai pertemuan mediasi polemik Pasar Makimi, Rabu (8/7/2020)

Polemik mengenai Pasar Makimi di Lagari Jaya muncul setelah lahannya diklaim oleh Baldus Rumbobiar, yang juga kepala dusun setempat. Dia juga melarang pemungutan retribusi pasar oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Merauke.

“Kami memberi pengertian dan pandangan kepada kepala dusun. Kami juga menyambut baik (menerima) saran dan usulnya (mengenai pengelolaan pasar). Pasar akan diatur bersama dengan kepala dusun,” Jelas Maipon.

Baldus Rumbobiar mengaku aksinya sengaja dilakukan untuk membuka mata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nabire. Mereka dianggap mengabaikan penataan dan pengelolaan Pasar Makimi.

“Hampir 22 tahun pasar itu tidak diurus dengan baik (ditelantarkan). Pemkab Nabire seharusnya menghargai semua pengorbanan saya selama ini dengan memerhatikan kondisi Pasar Makimi,” kata Rumbobiar.  (*)

 

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top