Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pemkab Tangerang kesulitan awasi tenaga kerja asing

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Tangerang, Jubi  – Pemerintah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, mengaku kesulitan mengawasi tenaga kerja asing yang tinggal di kawasan yang sulit terjangkau oleh petugas. Selain itu aparat juga selalu dihalang-halangi oleh petugas pengamanan ketika hendak memeriksa TKA di pabrik.

"Ini permasalahan yang rumit karena jumlah tenaga kerja asing (TKA) mencapai 5.000 orang," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Tangerang, Harry Heryanto, Rabu, (19/12/2018).

Harry mengaku petugas dari tingkat desa maupun kecamatan hingga Satpol PP setempat tidak berdaya untuk memantau dan mengawasi mereka. Ia berharap aparat Imigrasi dapat bersinergi dalam pengawasan, termasuk bila mereka melakukan pelanggaran sesuai dengan aturan yang berlaku.

Menurut dia, pengawasan tenaga kerja asing terkait dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, dan Permendagri nomor  49 Tahun 2010 tentang Pemantauan Tenaga Kerja Asing.

“Kami telah mengikuti rapat koordinasi dan implementasi dengan instansi terkait,” kata Harry menambahkan.

Harry menyebutkan TKA itu tinggal di apartemen, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, dan sejumlah rumah mewah di Kota Tangerang. Mereka banyak juga yang tinggal sementara pada apartemen di Jakarta.

Loading...
;

“Ketika kerja, mereka dikawal petugas, kemudian pulang diantar ke tempat penginapan," katanya.

Harry berharap petugas Imigrasi melakukan koordinasi dengan instansi terkait di Kabupaten Tangerang ketika melakukan pengawasan.

Data dari Pemprov Banten menyebutkan bahwa pada tahun 2015 sampai dengan 2016 tercatat 12.236 TKA. Akan tetapi, pada tahun 2017 menurun menjadi 7.101 orang. Namun, jumlah tersebut merupakan TKA resmi, sedangkan yang tidak resmi, menurut dia, perlu pengawasan secara rutin. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top