Follow our news chanel

Previous
Next

Pemkab Tolikara akan ubah wajah kota Karubaga

Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo, bersama Sekda, Anton Warkawani - Jubi/Islami
Pemkab Tolikara akan ubah wajah kota Karubaga 1 i Papua
Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo, bersama Sekda, Anton Warkawani – Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Selain untuk terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), kesehatan, dan perekonomian masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolikara tahun anggaran ini berencana mengubah wajah kota Karubaga sebagai ibu kota kabupaten.

Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo, menegaskan program prioritas sesuai visi misi di periode kedua sebagai bupati ingin mewujudkan Tolikara yang maju, mandiri, dan unggul.

“Ada lima misi prioritas yaitu meningkatkan kinerja pemerintahan, pengembangan perekonomian daerah, peningkatan infrastruktur daerah, pengembangan SDM daerah, serta peningkatan lingkungan hidup,” kata Usman Wanimbo kepada wartawan di Karubaga, Jumat (6/3/2020).

Menurut dia, untuk pengembangan SDM, baru-baru ini pemkab telah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara organisasi kemasyarakatan dan juga organisasi semi pemerintah seperti KNPI, KONI, PKK, dan organisasi lain yang mendukung di bidang pendidikan dan kesehatan.

Namun prioritas utama tahun ini membangun infrastruktur daerah, salah satunya ingin mengubah wajah kota Karubaga, sebelum berakhirnya masa jabatan Usman Wanimbo sebagai Bupati Tolikara.

Dengan dukungan APBD 2020 sebesar Rp1,6 triliun, pemkab berencana menjadikan kota Karubaga sebagai situs Gereja Injili Di Indonesia (GIDI). Sedangkan untuk fasilitas pemerintahan akan dikembangkan ke arah distrik Wenam dan Igari.

Loading...
;

“Tolikara ini curah hujannya cukup tinggi sehingga tidak terlepas dari berbagai bencana seperti longsor, namun banyak cara yang akan dilakukan seperti pembangunan menggunakan baja ringan baik perkantoran maupun perumahan. Meski kebanyakan pembangunan menggunakan kayu, tetapi kini prioritas gunakan baja ringan. Jadi, prioritasnya pembangunan wajah kota Karubaga dan juga perkantoran, kata Wanimbo.

Sekretaris Daerah Tolikara, Anton Warkawani, menambahkan untuk menjawab visi misi bupati tersebut seluruh OPD yang ada telah digenjot untuk bekerja sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab masing-masing.

“Selama sebulan ini bupati minta supaya kita selesaikan tugas dan tanggung jawab untuk mengubah wajah kota ini. Itu pun sudah dilakukan dengan mensurvei ke lapangan bagi semua OPD, untuk melihat apa yang harus dikerjakan sesuai dengan program kerja yang tahun ini akan kita laksanakan,” katanya.

Dengan mendorong untuk infrastruktur seperti jalan, perumahan, perkantoran, dan juga yang paling penting terkait dengan SDM, kata sekda, setiap OPD telah diminta untuk bekerja sesuai tugasnya.

“Misalnya Dinas Pekerjaan Umum orientasi kerjanya seperti apa, begitu juga Dinas Pendidikan. karena bicara SDM berarti soal pendidikan, begitu juga Dinas Kesehatan apa yang harus dikerjakan sesuai visi misi bupati untuk 1000 hari kehidupan, sehingga di akhir masa jabatan periode kedua ini ada suatu kesan yang baik,” kata Anton Warkawani. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top