Follow our news chanel

Previous
Next

Pemkab Yahukimo siapkan Rp70 miliar untuk penanganan Covid-19

Bupati Abock Busup menerima RAP APBD dari Pimpinan DPRD Yahukimo Mari Mirin pada Rapat-rapat Paripurna DPRD Kabupaten Yahukimo Masa persidangan Tahun 2020, 8 Januari 2020 lalu di Hotel Sahid Hotel Entrop – Jubi/Piter Lokon
Pemkab Yahukimo siapkan Rp70 miliar untuk penanganan Covid-19 1 i Papua
Bupati Abock Busup menerima RAP APBD dari Pimpinan DPRD Yahukimo Mari Mirin pada Rapat-rapat Paripurna DPRD Kabupaten Yahukimo Masa persidangan Tahun 2020, 8 Januari 2020 lalu di Hotel Sahid Hotel Entrop – Jubi/Piter Lokon

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kabupaten Yahukimo menyiapkan anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 sebesar Rp70 Miliar untuk pencegahan dan penanganan coronavirus disease 2019 (Covid-19) di kabupaten berjulukan lembah 1001 jembatan itu.

“Anggaran kita ada Rp 70 miliar. Itu permintaan dari Menteri Keuangan, disesuaikan dengan anggaran yang ada,” kata Bupati Yahukimo, Abock Busup kepada Jubi, Minggu (10/05/2020).

Bupati menjelaskan dana Rp70 Miliar tersebut, berdasarkan pada peraturan Bupati yang diterbitkan pada  20 April 2020.

Dari dana tersebut pemerintah juga telah menganggarkan bantuan kepada Mahasiswa Yahukimo yang ada di 23 kota studi di Papua, luar Papua dan di luar negeri. Busup menjelaskan pihaknya menganggarkan Rp10 juta per bulan untuk tiap asrama, berjalan mulai bulan Mei, Juni dan Juli 2020.

“Setiap bulan di asrama Pemerintah Yahukimo kita kasih Rp10 juta dan yang kuliah di luar negeri sesuaikan mata uang negara. Kemarin kita sudah kasih dan bulan Juni dan Juli kita akan kasih lagi supaya mahasiswa tidak keluar dari asrama,” kata Bupati.

Bupati menjelaskan, selain bantuan dari anggaran wabah Covid-19, Pemerintah juga telah menyediakan anggaran dari Dinas Pendidikan untuk membayar biaya lampu, air hingga makan minum yang akan langsung dibayarkan dari dinas pendidikan Kabupaten Yahukimo.

Loading...
;

Selain itu, Bupati mengatakan Pemerintah Yahukimo juga telah menyediakan bantuan Sembako untuk masyarakat yang sedang diangkut menggunakan kapal untuk persediaan 5 bulan ke depan.

Pemkab Yahukimo juga telah menyediakan alat kesehatan yang akan diangkut langsung dari Jakarta ke Bandara Nop Goliat Dekai pada pekan depan.

“Khusus penginapan atau tempat tinggal petugas Covid-19, kami menyediakan hotel Yahukimo 2 selama masa penanganan pasien Covid-19 ini. Dan khusus untuk pasien kami sudah bangunkan rumah khusus untuk mereka. Bangunannya di jalan Seradala, dilengkapi petugas,” kata Abock.

Bupati menjelaskan APBD Kabupaten Yahukimo tahun 2020 sudah dipotong Kementerian Keuangan sebesar Rp 80 Miliar dari DAU (dana alokasi umum), Rp 134 Miliar dari DAK (dana alokasi khusus).

“Karena pemerintah pusat mewajibkan daerah menyiapkan dana untuk  pembiayaan Covid-19, maka kami melakukan pemangkasan dari dana perjalanan daerah, luar daerah, dan insentif. Itu semua kita pangkas. Dari hasil pangkas program, kami di daerah bisa siapkan Rp70 Miliar,” kata Bupati.

Selain itu, Pemerintah juga menyediakan bantuan Non Tunai kepada 3.000 kepala keluarga di Kabupaten Yahukimo.

“Bantuan Tunai, dari Presiden ada 1.000 KK. Dari saya ada 2.000 KK yang akan mendapat Rp600 ribu per KK setiap bulannya. Jadi yang sudah dapat dari Jakarta tak boleh dapat dari kabupaten. Prosedur pembayaran dari pemerintah pusat lewat BRI dan dari kami lewat Bank Papua,”k ata Bupati Yahukimo.(*)

Editor      : Angela Flassy

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top