Pemkab Yalimo akan percepat serapan APBD

advertorial , papua, Yalimo
Pjs. Bupati Yalimo, Drs. Simeon Itlay bersama dengan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Yalimo saatmengikuti Vicon dengan Irjen Kemendagri dan Kementerian terkait tentang penyerapan APBD – Jubi/IST

 

Serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Yalimo belum menyentuh angka 50 persen dari total anggaran yang telah dirumuskan awal tahun.

Pemerintah Kabupaten Yalimo, Papua akan melakukan percepatan kegiatan hingga sesuai standar nasional.

Hal itu disampaikan Pjs. Bupati Yalimo, Drs. Simeon Itlay usai mengikuti video conference (Vicon) dengan Kementerian Dalam Negeri dan beberapa kementerian terkait pekan ini.

“Kabupaten Yalimo dalam hal penyerapan APBD tahun 2020 telah mencapai 43 persen. Kita terus berupaya dalam dua minggu ke depan, sehingga bisa mencapai target yang diharapkan oleh Irjen Kemendagri dan kementerian terkait,” kata Itlay.

Di tempat yang sama, Inspektur Kabupaten Yalimo, Sigit Prasetyo, S.IP, M.AP menyampaikan pada acara tatap muka virtual itu, Pemkab Yalimo telah menyampaikan progress realisasi tentang belanja Kabupaten Yalimo.

“Tentu dengan semua ini, Pemerintah Kabupaten Yalimo tetap akan mendorong kepada semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau pengelola kegiatan untuk segera menyampaikan tagihan ataupun mempercepat proses kegiatan sehingga proses penyerapan anggaran Kabupaten Yalimo minimal sama dengan standar nasional,” katanya.

Loading...
;

Pada triwulan ketiga, data rata-rata nasional realisasi belanja APBD provinsi masih diangka 44,74 persen.

Sementara di tingkat kabupaten dan kota baru mencapai 48,8 persen. Keterlambatan terjadi akibat beberapa faktor, diantaranya adanya refocusing anggaran pada masa pandemi Covid-19 di setiap OPD.

“Jadi harapan kita, Kepala OPD untuk segera mempercepat kegiatan, dan dalam waktu dua minggu ke depan minimal Kabupaten Yalimo sudah mencapai penyerapan anggaran di atas 50 persen,” katanya.(*)

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top