Pemkot Jayapura Akan Bangun Pasar di Perbatasan Kota

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindakop) Kota Jayapura, Robert Awi, mengatakan tahun 2016 pemerintah berencana membangun pasar di perbatasan Kabupaten dan Kota Jayapura, tepatnya di sekitar Expo, Waena, Kota Jayapura. Pembangunan pasar ini rencananya akan menggunakan dana alokasi khusus bukan anggaran pendapatan dan belanja Kota Jayapura.

“Kami mengajukan usulan ke Kementrian Perdagangan untuk membantu memfasilitasi pembangunan pasar perbatasan kabupaten dan kota. Pasar ini akan menjadi bagian dari terminal di batas kota,” kata Robert Awi, kepada Jubi, di ruang kerjanya, Jumat (18/9/2015).

Awi mengatakan kendala pembangunan pasar perbatasan adalah sulitnya mendapat lahan. Setelah Dinas Perhubungan membeli lahan di Waena untuk membangun terminal, pihaknya menghubungi Dishub, menanyakan apa sebagian lahan Dishub itu boleh dibeli Disperindag untuk dibangun pasar perbatasan.

“Dishub setuju dan menyambut baik ide tersebut. Terminal akan lebih ramai jika sebagian menjadi pasar,” katanya.

Pemkot Jayapura telah mengevaluasi menyeluruh karena pembangunan pasar perbatasan akan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2016. Proposal telah dikirim ke Kementrian Perdagangan. Lokasinya masuk Kelurahan Heram Distrik Waena, perbatasan Kota dan Kabupaten Jayapura, berdampingan dengan terminal yang saat ini sedang dibangun Dinas Perhubungan.

Sebenarnya sudah lama pemerintah ingin membangun pasar Perbatasan bagi mama-mama penjual sayur di sekitar Waena. Namun, kendalanya seperti yang disebutkan diatas adalah lahan. Sulit sekali pemerintah mendapat lahan yang tepat untuk membangun pasar yang disesuaikan dengan budaya berjualan mama-mama penjual sayur. Pasarnya itu dua lantai, bentuknya pelataran supaya mama-mama penjual bisa berjualan sesuai dengan budaya mereka.

“Ini sebenarnya rencana lama. Kami ingin memberi tempat yang lebih baik bagi mama-mama Papua penjual sayur dan buah di seputaran Expo. Pasar ini akan menjadi salah satu penyangga untuk terminal perbatasan kabupaten kota,” katanya. (Enrico Karubuy)

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top