Pemkot Jayapura akan gelar rapat final jelang peresmian Pasar Baru Youtefa

papua-pasarbaru youtefa-pemkotrjayapura
Salah satu los pedagang di Pasar Baru Youtefa - Jubi/Ramah

 

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sarana dan prasana Pasar Baru Youtefa telah siap ditempati pedagang. Namun menjelang peresmiannya pada 5 Desember nanti, Pemerintah Kota Jayapura masih akan menggelar rapat.

“Minggu ini atau 2 Desember kami lakukan pertemuan atau rapat terakhir rapat untuk mengecek kesiapan pasar, sekaligus membantu pengamanan pemindahan pedagang, agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari,” ujar Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru usai melakukan kunjungan di Posko kebakaran di APO Kali, Distrik Jayapura Utara, Selasa (1/12/2020).

Rapat tersebut sekaligus memastikan pemindahan 1.100 pedagang ikan, daging, warung makan dan minum, pedagang mama-mama Papua, campuran, dan pasar pagi, serta sekaligus trayek angkutan barang dan orang dan tukang ojek dapat terlaksana dengan baik.

“Ini menjadi komitmen kami. Agar seluruh pedagang mendapatkan tempat berjualan yang layak dan representatif ,” ujar Rustan.

Rustan berharap, komitmen dari Organisasi Perangkat Tugas di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura yang terlibat dalam penanganan pasar, seperti Disperindagkop dan UKM, DLHK, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP serta aparat keamanan.

“Semoga tidak ada kesulitan dalam pemindahan pedagang. Pedagang tetap tertib dan berjualan dengan aman dan nyaman,” ujar Rustan.

Loading...
;

Kadisperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N. Awi, mengatakan tahap pertama pemindahan pedagang sebanyak 800 orang yang berjualan di pasar pagi, pedagang pasar ikan, pedagang warung kopi dan warung makan, dan pedagang mama-mama Papua.

“Harapan kami pedagang pindah dengan sendirinya dengan tertib. Tempat sudah kami siapkan, ditata dengan rapi sehingga memudahkan pembeli untuk berbelanja. Pedagang harus menjaga kebersihan dan keamanan pasar agar nyaman untuk dikunjungi baik pedagang dan pembeli,” ujar Awi.

Dikatakan Awi, seluruh sarana dan prasarana di pasar yang terletak di Distrik Abepura itu, sudah siap ditempati para pedagang, meski masih ada beberapa fasilitas yang harus ditambah dan diperbaiki, seperti jembatan penyeberangan di dalam area pasar dan lapak-lapak pedagang.

“Kami terus berupaya memberikan yang terbaik kepada warga terutama pedagang yang akan berjualan di Pasar Baru Youtefa, ” ujar Awi. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top