Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pemkot Jayapura akan selenggarakan konferensi AIDS  se-Papua

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru saat diwawancara. - Jubi/Ramah
Pemkot Jayapura akan selenggarakan konferensi AIDS  se-Papua 1 i Papua
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru saat diwawancara. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru mengatakan, Pemerintah Kota Jayapura akan menyelenggarakan konferensi AIDS se-Papua pada 31 Juli sampai 4 Agustus 2019. Konferensi AIDS itu akan melibatkan sejumlah pakar dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa atau Unicef, sejumlah lembaga swadaya masyarakat, bupati dan wali kota se-Papua, tokoh masyarakat dan tokoh agama, akademisi, serta orang dengan HIV/AIDS atau ODHA.

“Tujuannya untuk mengajak masyarakat di Kota Jayapura melakukan pemeriksaan HIV/AIDS, agar Kota Jayapura bisa mencapai target zero HIV/AIDS pada 2030. Panitia sedang melakukan rapat koordinasi  konferensi AIDS ini,” kata Rustan Saru di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (11/4/2019).

Dijelaskan Rustan Saru, penyelenggaraan konferensi AIDS tersebut berdasarkan instruksi Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano. Konferensi yang akan dihadiri ribuan peserta itu memiliki misi utama untuk orang Papua dari virus HIV dan penyakit AIDS. “Dalam rangkaian konferensi AIDS itu, juga akan digelar pameran, lokakarya, dan pemutaran film, serta menghadirkan artis untuk menghibur warga Kota Jayapura,” jelasnya.

Rustan Saru menyatakan Kota Jayapura menempati urutan kedua dalam daftar kabupaten/kota di Papua yang memiliki jumlah kasus HIV dan AIDS terbanyak setelah Kabupaten Nabire. Jumlah orang yang terinfeksi HIV telah mencapai 1.978, sementara jumlah temuan penderita AIDS sebanyak 4.213 orang. (total orang dengan HIV/AIDS atau ODHA mencapai 6.189 orang).

“Yang sudah meninggal ada 185 orang. Ada kecenderungan ada ODHA yang terinfeksi HIV dari luar Jayapura, namun baru positif HIV atau mengalami AIDS saat diperika di Jayapura. Jadi, pertambahan jumlah kasus HIV/AIDS di Kota Jayapura bukan karena meluasnya persebaran virus HIV di Kota Jayapura,” jelasnya.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengungkapkan gagasan penyelenggaraan konferensi AIDS di Kota Jayapura itu muncul setelah Pemerintah Kota Jayapura menghadiri konferensi AIDS Internasional ke-22 di Amsterdam, Belanda.

Loading...
;

“Kita harus melakukan ini untuk menyelamatkan orang Papua. Tema konferensi AIDS di Jayapura mengacu pada konferensi AIDS yang diusung di Amsterdam, yaitu Together We Can Stop The Virus (bersama-sama kita dapat menghentikan virus HIV. Untuk itu saya mengajak pemerintah provinsi dan KPA Papua mensukseskan kegiatan ini,” jelasnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top