Follow our news chanel

Pemkot Jayapura didesak kelola potensi wisata danau Sentani

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Tokoh perempuan Port Numbay, Adriana Mebri mendesak Pemerintah Kota Jayapura agar mengelola potensi wisata sekitar Danau Sentani secara optimal.

Menurutnya budaya masyarakat adat dan keindahalan alam sekitar danau ini merupakan potensi wisata yang harus dikelola dengan baik.

“Potensi danau ini mulai rusak. Pemerintah mesti ajak kita semua kelola sebagai objek wisata harian bukan musiman. Ferstival danau Sentani sekali dalam setahun itu,” kata perempuan asal Kampung Yoka, Distrik Heram, Kota Jayapura ini ketika ditemui Jubi di Jayapura, Kamis (9/2/2017).

Ia menilai banyak sampah di pinggiran danau hingga merusak keindahannya. Sampah-sampah tersebut merupakan plastik-plastik dari rumah tangga hingga mengotori sungai yang bermuara ke Danau Sentani.

“Kita pancing bukan ikan yang kita tarik tetapi plastik. Plastik sampah dari wilayah Waena dan Ekspo, Kota Jayapura, Sentani dan Doyo di Kabupaten Jayapura,” katanya.

Ia pun mengusulkan kepada Pemkot Jayapura agar dapat menyediakan kapal kecil untuk mengakut sampah-sampah di danau.

Loading...
;

“Saya sudah mengusulkan itu ke kementrian di Jakarta beberapa waktu lalu. Saya bicara itu pun karena laki-laki tidak bicara,” katanya.

Kalau sudah indah, kata dia, danau ini harus menjadi tempat yang aman bagi pegunjung.

“Untuk itu pemerintah harus membangun jalan atau jembatan keliling danau Sentani supaya orang tidak hanya datang ke Pantai Kalkhote lalu pergi tetapi bisa keliling semua tempat,” katanya.

Warga Ekspo, Waena, Distrik Heram, Anton Deo mengatakan, ketika hujan sampah-sampah dibawa banjir ke danau. Sampah pun tak sedikit, misalnya, plastik dan botol-botol bekas.

“Kita lihat itu sampah saat hujan ini terbawa air sangat bayak,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top