Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Warga berwisata di Pantai Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura. - Jubi/Ramah

Pemkot Jayapura kerahkan pemandu wisata mengantisipasi penyebaran Covid-19

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura terus melakukan yang terbaik dalam pencegahan penyebaran Covid-19, salah satunya melibatkan pemandu wisata untuk menciptakan wisata aman dan nyaman.

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan pemandu wisata tersebut bertugas memberikan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat yang berkunjung ke tempat wisata seperti pantai.

“Misalnya, saat akan memasuki objek wisata atau wisatawan sudah berada di pantai, pemandu ini mengarahkan wisatawan untuk menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir,” ujar Rustan di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (2/12/2020).

Menurut Rustan, keberadaan pemandu wisata sangat membantu, karena banyaknya warga yang terpapar Covid-19. Selain itu, kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Pemandu wisata harus menyampaikan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan Covid-19 yang mudah dipahami masyarakat, sehingga mempercepat memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujar Rustan.

Dikatakan Rustan, dengan melibatkan masyarakat sebagai pemandu wisata sekaligus untuk pemberdayaan masyarakat agar mendapatkan pekerjaan guna meningkatkan perekonomian.

Loading...
;

“Pemandu wisata harus punya pengetahuan yang luas tentang pariwisata dan memahami setiap objek wisata sehingga mudah menyampaikannya kepada wisatawan. Menguasai bahasa Inggris, sopan, dan ramah,” ujar Rustan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Matias B. Mano, mengatakan sebanyak 40 orang dari kalangan mahasiswa, pelajaran SMA, masyarakat umum, karyawan swasta dilibatkan menjadi pemandu wisata.

“Kami sudah memberikan pelatihan pemandu wisata Geopark. Pemandu wisata di masa pandemi ini, tetap pada panduan protokol kesehatan,” ujar Matias Mano.

Matias Mano berharap, pemandu wisata selalu meningkatkan kompetensi dengan menjaga motivasi agar tetap berkembang dan selalu berpikir positif serta optimis dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Semoga hadirnya pemandu wisata dapat mempercepat memutus penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura sehingga kita semua bisa beraktivitas dengan normal,” ujar Matias Mano. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top