Follow our news chanel

Pemkot Jayapura pastikan tidak ada pungli di Pasar Baru Youtefa

papua
Pasar Baru Youtefa di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua. - Jubi/Ramah

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura, Provinsi Papua memastikan tidak ada pungutan liar atau pungli di Pasar Baru Youtefa karena retribusi karcis sudah diatur sesuai kewajibannya masing-masing.

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Jayapura menangani retribusi karcis pedagang dan Dinas Perhubungan menangani retribusi karcis kendaraan.

“Khusus untuk toilet tidak ada dalam daftar retribusi. Saya minta ditinjau ulang supaya jangan ada pungutan liar di dalam pasar terutama pungutan di toilet. Itu tidak boleh, karena melanggar ketentuan peraturan daerah,” ujar Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru di Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (2/11/2020).

Menurut Rustan, dengan melakukan penarikan retribusi di toilet dapat merugikan masyarakat terutama pedagang, yang setiap hari dari pagi sampai sore selalu berada di dalam pasar.

Selain itu, dapat menghindarkan dari penyalahgunaan toilet oleh oknum yang tidak bertanggung-jawab untuk menarik uang karcis.

“Tempatkan petugas yang bisa digaji untuk menjaga dan membersihkan toilet. Kalau dikelola pihak lain, nanti pungli lagi karena uang pungutan tidak masuk di kas daerah sehingga disalahgunakan,” ujar Rustan.

Rustan berharap, pengelolaan Pasar Baru Youtefa yang terletak di Distrik Abepura itu memberikan dampak terutama peningkatan ekonomi masyarakat dan kenyamanan pedagang dan pengunjung.

Loading...
;

Baca juga: Pasar Baru Youtefa siap ditempati pedagang

Kadisperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N Awi, mengatakan siap menertibkan oknum yang melakukan penarikan secara liar atau ilegal di dalam pasar karena merugikan masyarakat dan pemerintah.

“Kami pastikan tidak ada pungli, kami lakukan pengawasan secara ketat sehingga memberikan rasa aman dan nyaman kepada pedagang dan pembeli,” ujar Awi.

Awi berharap kepada pedagang maupun pembeli, bila menemukan ada yang melakukan penarikan retribusi selain dari petugas pasar, segera melapor ke petugas pasar untuk dilakukan penertiban.

“Mari bantu pemerintah untuk mewujudkan program yang benar-benar memberikan dampak positif sehingga kehidupan ini menjadi tentram, aman, dan nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas tanpa ada kendala,” ujar Awi. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top