HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Pemprov Papua akan bayar sewa penggunaan Teluk Youtefa sebagai arena PON

Arena Dayung PON Papua
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Papua, Alex Kapisa bersama rombongan bernegosiasi dengan masyarakat adat Kampung Injros soal pemalangan arena dayung PON XX Papua di Teluk Youtefa. -Jubi/Dam

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Masyarakat adat dari Kampung Injros selaku pemegang hak ulayat atas lokasi arena dayung Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua di Teluk Youtefa akhirnya membuka palang mereka atas lokasi arena dayung itu. Palang itu dibuka setelah Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Provinsi Papua berjanji akan membayar uang sewa atas penggunaan lokasi itu sebagai arena dayung PON XX Papua.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Papua, Alex Kapisa saat dihubungi Jubi melalui panggilan telepon pada Rabu (8/7/2020). “Ya, sekarang palang sudah dibuka, dan pekerjaan proyek pembangunan venue dayung bisa berjalan kembali sesuai program,”kata Kapisa.

Baca juga: Venue dayung PON Papua dipalang

Kapisa menyatakan pihaknya sudah berbicara dengan masyarakat adat Kampung Injros guna menyusun perjanjian sewa untuk menggunakan perairan Kampung Injros sebagai arena dayung PON XX. ”[Jika] membayar ganti rugi, [kami tidak bisa] karena areal yang digunakan di atas air laut, dan tidak ada sertifikat. Kami akan membicarakan perjanjian sewa pakai venue dayung,”katanya.

Pengacara yang juga mantan Direktur Elsham Papua, Aloysius Renwarin mengatakan penyelesaian sengketa penggunaan perairan Kampung Injros sebagai arena dayung itu sah dan sesuai aturan yang berlaku. “Saya hanya ingatkan bahwa lokasi pembangunan [arena dayung] itu berada di dalam wilayah konservasi, sehingga harus mengutamakan lingkungan hidup di sekitarnya,” kata Renwarin.

Dia mengingatkan bahwa kawasan Teluk Youtefa harus selalu dijaga dan dilindungi sebagai sebagai paru-paru Kota Jayapura. “Saya berharap paru-paru Kota Jayapura di Teluk Youtefa jangan sampai rusak, demi masa depan anak cucu di Teluk Youefa,” kata Renwarin.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top