HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Pemprov Papua akan berlakukan pembatasan waktu beraktivitas di 5 wilayah

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal saat diwawancarai wartawan terkait kebijakan pembatasan waktu aktivitas warga yang akan dimulai diterapkan pada 17 Mei 2020. - Jubi/Alex
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal saat diwawancarai wartawan terkait kebijakan pembatasan waktu aktivitas warga yang akan dimulai diterapkan pada 17 Mei 2020. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubiย โ€“ Pemerintah Provinsi Papua mulai Minggu (17/5/2020) mulai memberlakukan pembatasan waktu beraktivitas bagi warga di lima kabupaten/kota. Warga kelima kabupaten/kota di Papua hanya diizinkan beraktivitas di luar rumah antara pukul 06.00 hingga pukul 14.00 WP.

Pembatasan waktu aktivitas itu diberlakukan di lima kabupaten/kota dengan jumlah kasus positif korona yang banyak, dan sebaran pandemi Covid-19 yang luas. Kelima kabupaten/kota itu adalah Kabupaten Jayapura, Keerom, Nabire, Mimika, dan Kota Jayapura.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengatakan pembatasan waktu bagi warga untuk beraktivitas di luar rumah itu sudah disepakati dalam rapat bersama para kepala daerah di Papua pada 5 Mei 2020. Akan tetapi, masih ada perbedaan pengaturan waktu yang diizinkan untuk beraktivitas, sehingga pengaturan waktu itu harus disepakati kembali.

“Jadi, mulai 17 Mei 2020, lima wilayah yang menjadi perhatian khusus [penanganan pandemi Covid-19 itu] sudah harus mengikuti pembatasan waktu beraktivitas masyarakat secara konsisten dan bertanggungjawab,” kata Tinal di Jayapura pada Senin (11/5/2020), usai memimpin rapat bersama Pemerintah Kota Jayapura, Pemerintah Kabupaten Keerom, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, dan Panglima Kodam XVII/Cenderawasih.

Selain memberlakukan pembatasan waktu beraktivitas warga di kelima kabupaten/kota itu, Tinal juga meminta pemerintah kabupaten/kota untuk mengarantina semua Orang dalam Pemantauan, Pasien dalam Pengawasan, dan terduga korona lainnya. “Dua poin ini sudah disepakati bersama. Oleh karena itu, saya minta pemerintah kabupaten/kota dalam waktu dekat sudah bisa menjalankannya,” ujar Tinal.

Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw mengatakan pihaknya bersama TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan Tugas Covid-19 maupun Gugus Tugas Covid-19 kabupaten/kota akan melakukan sosialisasi kebijakan pembatasan waktu beraktivitas itu mulai Selasa (12/5/2020). Sosialisasi kebijakan pembatasan waktu aktivitas warga itu akan dilakukan dengan penempelan stiker di mobil, maupun sarana sosialisasi lainnya.

Loading...
;

“Sosialisasi akan dilakukan sampai 16 Mei 2020. Setelah itu, kami akan melakukan tindakan tegas untuk betul-betul menghentikan berbagai upaya kegiatan masyarakat yang ada di [kelima] kabupaten/kota yang menjadi perhatian,” katanya.

Waterpauw meminta masyarakat untuk benar-benar memahami situasi pandemi Covid-19. Pembatasan waktu aktivitas warga itu harus dilakukan untuk menekan laju penyebaran pandemi Covid-19 di Papua.

Meskipun demikian, Waterpauw tetap meminta masyarakat untuk tenang dan tidak panik menghadapi wabah Covid-19 itu. “Masyarakat tidak perlu panik dan gusar dalam menghadapi situasi ini. Mudah-mudahan langkah pencegahan yang dilakukan bisa membantu memutus rantai penyebaran [virus korona],” ujarnya.

Data Satuan Tugas Covid-19 Papua menunjukkan pada Senin telah terkonfirmasi satu kasus baru positif korona di Papua. Dengan tambahan satu kasus baru itu, jumlah kasus positif korona di Papua hingga Senin telah mencapai 309 kasus. Dari jumlah itu, sejumlah 226 pasien masih menjalani perawatan, 76 orang pasien dinyatakan sembuh, dan tujuh pasien telah meninggal.

Jumlah kasus positif korona terbanyak ditemukan di Kabupaten Mimika (112 kasus), Kota Jayapura (67 kasus), Kabupaten Jayapura (44 kasus), Biak (23 kasus), Nabire (16 kasus), dan Keerom (16 kasus). Kasus positif korona juga telah terkonfirmasi di Kabupaten Merauke (13 kasus), Jayawijaya (7 kasus), Sarmi (4 kasus), Boven Digoel (3 kasus), Mamberamo Tengah (2 kasus), dan Supiori (2 kasus).(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa