Pemprov Papua Akan Tambah Struktur Organisasi Dishub

Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen - Jubi/Alex
Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua berencana akan menambah satu struktur organisasi di Dinas Perhubungan (Dishub) untuk mendukung program perkerataapian.

Untuk perkeretaapian saat ini masih dalam studi kelayakan, dimana jalur kereta api yang akan dibangun dahulu adalah Jayapura-Sarmi. Disamping itu juga akan dipersiapkan sumber daya manusia dengan membuka pendaftaran untuk D3 perkeretaapian.

“Saat ini kami sedang dalam studi kelayakan, setelah itu baru akan dilihat investor-investor mana saja yang mau membantu pemerintah Papua untuk bangun jalur kereta api,” ucap Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen, di Jayapura, Jumat (18/9/2015).

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Papua, Yusuf Yambe Yabdi menjelaskan untuk kereta api Indonesia itu secara perencanaan induk perkerataapian nasional, dan kalau di Papua kan menjadi rencana induk kereta api Papua, dimana disusun oleh badan percepatan pembangunan.

“Didalam rencana induk ada dua trase (jalur) yang menjadi kebijakan gubernur, yakni menghubungkan kawasan di Pegunungan Tengah, dan kereta ringan Sentani-Jayapura. Ini yang masuk dalam rencana induk, sementara rencana induk nasional adalah Jayapura-Sarmi,” kata Yusuf.

Untuk jalur Jayapura-Sarmi, ujar Yusuf, rencananya pada 2017 ‘groundbreaking’ dan langsung bangun, sehingga 2019 mendatang Presiden Jokowi sudah bisa resmikan.

Oeh sebab itu, lanjutnya untuk mengantisipasi karena berada di jalur Jayapura-Sarmi, maka saran dari Menteri Perhubungan adalah SDM pengelola kereta api sebaiknya orang-orang dari Papua.

Loading...
;

“Sebagai tindak lanjut itu semua, dengan membuka pendaftaran siswa-siswa yang berminat untuk bekerja dibidang perkereta apian. Ini akan dibuka oleh dinas perhubungan bersama badan diklat perhubungan dan kementerian perhubungan,” ucapnya.

Mengenai hal ini, kata Yusuf, Gubernur Lukas Enembe sudah memanggil dirinya dengan kepala biro SDM untuk membicarakan rencana ini secara serius.

“Gubernur sudah bagi tugas, yakni perhubungan menyiapkan rekrutmennya sampai mendapat SDM yang sesuai dengan standar yang diinginkan. Kemudian pembiayaan pendidikan dilakukan oleh biro SDM,” ucapnnya. (Alexander Loen)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top