Follow our news chanel

Previous
Next

Pemprov Papua Barat diminta segera laksanakan putusan MA

Tim kuasa hukum enam anggota MRPB saat memperlihatkan Amar putusan MA kepada wartawan di Manokwari belum lama ini. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).
Pemprov Papua Barat diminta segera laksanakan putusan MA 1 i Papua
Tim kuasa hukum enam anggota MRPB saat memperlihatkan Amar putusan MA kepada wartawan di Manokwari belum lama ini. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua Barat diharapkan tak bertele-tele melaksanakan putusan inkrah Mahkamah Agung terkait pelantikan enam anggota MRPB.

Dalam wawancara bersama Jubi, tim kuasa hukum enam anggota MRPB yang diketuai oleh Yuliyanto mengatakan, upaya eksekusi adalah pilihan terakhir ketika pihak tergugat tidak melaksanakan putusan inkrah MA.

“Surat permohonan eksekusi telah dilayangkan ke PTUN Jayapura pada tanggal 19 Agustus 2019, dan sementara diproses. Sehingga jika kemudian PTUN Jayapura resmi mengeluarkan surat perintah eksekusi, maka ada batas waktu yang diberikan. Jika itupun tidak dilaksanakan, maka perintah undang-undang jelas dengan upaya yang tercantum didalamnya,” ujarnya, Kamis (29/8/2019).

Dia menjelaskan, permohonan eksekusi yang diajukan ke PTUN berisi permohonan eksekusi putusan perkara.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum Pemprov Papua Barat Roberth Hammar mengatakan, Pemerintah Papua Barat sedang mempercepat proses pelantikan enam anggota MRPB sesuai putusan MA.

“Pelantikan enam anggota MRPB pemenang gugatan akan dipercepat, karena sudah ada surat balasan Kemendagri No.1280/1473/biro hukum, menjawab surat Gubernur Papua Barat, bahwa putusan MA tersebut bersifat inkrah dan segera dilaksanakan,” ujarnya.

Loading...
;

Teknisnya kata Hammar, setelah diketahui Gubernur Papua Barat, maka Kesbangpol Papua Barat harus menerbitkan dua surat, yaitu surat pemberhentian enam anggota MRPB aktif dan surat pengangkatan enam anggota MRPB pemenang gugatan.

“Terkait dua surat itu, adalah ranahnya Kesbangpol Papua Barat. Mereka akan koordinasi dengan lembaga MRPB untuk persiapan pelantikan,” ujarnya.

Hammar juga menegaskan, bahwa mekanisme administrasi harus dijalankan. Enam anggota MRPB pemenang gugatan di MA adalah Leonard Yarolo, Yafet V Wainarisi, Ismael I.Watora, Lusiana I.Hegemur, Aleda E.Yoteni dan Rafael Sodefa.(*)

 

Editor : Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top