Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemprov Papua Barat genjot pertumbuhan ekonomi lewat optimalisasi APBD

Ilustrasi kakao – Jubi/shutterstock.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua Barat membentuk tim untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui optimalisasi pengelolaan APBD serta potensi sumber daya alam di daerah tersebut.

Sekretaris Daerah Pemprov Papua Barat Nataniel Mandacan mengatakan, seluruh sektor yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi akan digenjot agar bergerak secara beriringan.

“Sektor pertanian, perkebunan, perikanan, jasa, dan perdagangan harus kita perhatikan. Ini semua akan memberi dampak terhadap perekonomian kita,” katanya, Jumat (28/02/2020).

Ia berujar telah menginstruksikan kepada tim yang terwakili dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dan beberapa instansi lainnya,  agar menyusun rencana untuk 2021.

Menurutnya, pelaksanaan anggaran Pemprov Papua Barat harus diatur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Kita harus punya target, setiap tahun ekonomi Papua Barat harus tumbuh, terutama di luar sektor migas. Pada tahun 2019 pertumbuhan ekonomi Papua Barat di luar migas sudah cukup bagus, lebih dari enam persen. Harus dipertahankan, bahkan dipacu agar lebih tinggi lagi,” katanya.

Loading...
;

Nataniel mengatakan, salah satu tugas tim tersebut mengawal dan mendorong proses investasi di seluruh wilayah Papua Barat. Tim diminta bekerja secara optimal agar kegiatan investasi di provinsi itu meningkat.

“Termasuk mengawal dalam hal pemanfaatan lahan. Kita sudah memiliki perda tentang pembangunan berkelanjutan, maka dalam hal pemanfaatan lahan untuk tidak boleh sembarangan. Harus dikaji dan berpedoman pada RTRW (Rencana Tata Ruang dan Wilayah),” katanya.

Pemprov Papua Barat saat ini sedang mengembangkan investasi hijau, khususnya sektor pertanian dan perkebunan. Produktivitas komoditas kakao, buah pala, kopi dan kelapa saat ini sedang digenjot.

Pada sektor kehutanan, Pemprov Papua Barat mengembangkan komoditas bukan kayu, seperti tanaman gaharu dan masohi. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top